5 Curug Eksotis di Sumedang Yang Harus di Kunjungi 

Curug atau air terjun merupakan salah satu objek wisata alam yang kerap jadi primadona di berbagai daerah, termasuk di Sumedang. Selain arsitekturnya yang membuat kita kagum akan kebesaran sang pencipta, curug juga merupakan indikator alami kelestarian suatu lingkungan. Berikut 5 (lima) curug yang wajib kalian kunjungi saat berada di Sumedang.

Curug cipongkor ciherang / foto : @ai.pupu80

Curug Cipongkor

Curug ini berada di Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, sebuah curug bertipe tunggal, pernah dengar Angel Falls? Nah, mirip-mirip itu. Untuk menuju lokasi curug ini kita cukup turun tepat di seberang SPBU Ciherang, sebelum Tugu Selamat Datang Kota Sumedang jika dari arah Bandung. Dari sini (pinggir jalan raya) anda tinggal menanyakan kepada warga sekitar lokasi curug tersebut.

Curug Cigorobog Citengah / foto : @erdianbt9

Curug Cigorobog

Lokasi Curug Cigorobog berada di Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan. Sebuah curug tipe ganda atau berundak yang sangat indah. Wisatawan yang ingin menuju lokasi curug ini, checkpoint-nya bisa dari alun-alun Sumedang. Dari sini anda bisa bertanya ke tukang ojek yang banyak mangkal di sekitar alun-alun untuk mengantar anda ke lokasi.

Curug Cinulang Cimanggung / foto : @sdverdana

Curug Cinulang

Curug Cinulang merupakan air terjun tipe kembar, mempunyai dua air terjun yang ketinggiannya hampir sama, sekitar 50 m. Lokasinya ada di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, sekaligus menjadi wilayah perbatasan alami antara Kab. Sumedang dengan Kab. Bandung. Untuk menuju lokasi curug ini, dari jalan raya Bandung – Garut (Rancaekek) sampai Km ke 11 terdapat papan petunjuk arah (di sebelah kiri) yang menginformasikan lokasi Curug Cinulang, dan berjarak 2,5 Km ke arah timur dari papan petunjuk arah. Jika masih bingung, tanya GPS (Gunakan Penduduk Setempat). Hehe…

Curug Ciputrawangi / foto : @opikhermana

Curug Ciputrawangi

Curug Ciputrawangi terletak di Desa Narimbang, Kecamatan Conggeang juga termasuk kedalam kawasan TWA (Taman Wisata Alam) Gunung Tampomas. Jika mau, dari curug ini ada jalur untuk menuju puncak Tampomas.

Curug Sabuk Gunung Kareumbi / foto : @herryseptian12

Curug Sabuk

Disadur dari laman Sumedang Daily Photo, Curug Sabuk merupakan salah satu objek wisata alam di Kab. Sumedang yang bisa dikatakan masih jarang dikunjungi. Terletak disekitar Taman Buru Gunung Masigit dan kawasan Gunung Kareumbi. Lokasinya yang berada jauh di dalam hutan menjadikan tantangan tersendiri sebelum anda menemukan curug ini. Kita juga bisa mendirikan tenda untuk merasakan sensasi malam hari di sekitar curug.

Bagi anda yang ingin mengunjungi Curug Sabuk untuk pertama kali, lebih baik menyewa guide dari penduduk lokal. Checkpoint-nya, lagi-lagi, bisa dari alun-alun Sumedang lalu tanyakan lokasi Makam Cut Nyak Dien, nah, dari sini anda bisa minta antar tukang ojeg (lagi) menuju Curug Sabuk di daerah Nangorak.

Itulah kelima buah air terjun eksotis yang ada di Kabupaten Sumedang. Untuk HTM di setiap objek wisata curug di atas, variatif. Yang pasti masih di bawah Rp 5000,- kok.

Jangan lupa selalu jaga kebersihan sekitar objek wisata tersebut yah. Jangan sampai kita menjadi bagian penyumbang kerusakan lingkungan.

Jika kita tidak/belum mampu membersihkan lingkungan sekitar, setidaknya kita tidak ikut mengotori.

Selamat berwisata!! 

Keep Sasumedang and Hatur Nuhun

Facebook Comments
5 Curug Eksotis di Sumedang Yang Harus di Kunjungi 

You May Also Like