AKSA: Band Eksperimental yang Membawakan Rajah di Gig Anak Muda

Kamus Sunda-Indonesia susunan S. Satjadibarata merumuskan rajah sebagai "nama semacam jampe (doa) yang biasa diamalkan oleh tukang pantun sebelum memulai bercerita. Meminta maaf kepada segala arwah dan keramat". Rajah bukan hanya doa, tetapi juga mengandung mantra, dilihat dari isinya, mantra dibagi menjadi enam bagian dengan fungsinya masing-masing yaitu jangjawokan, jampe, ajian, singlar, asihan, dan rajah.

Namun dalam rajah sendiri biasanya dipakai untuk keselamatan. Orang tua dulu biasa membaca rajah jika melewati tempat angker seperti melewati hutan belantara, membuka ladang, membuat irigasi, menempati rumah baru, meruwat, dan lain-lain. Ada sebagian masyarakat dulu maupun sekarang yang mendefinisikan rajah dalam pengertian berbeda. 

Nah, di Sumedang ada yang namanya Rajah Kasumedangan dengan juru rajahnya yaitu Darsum Dipa Atmaya, atau biasa kami menyapanya Ki Kebo Kenongo. Makanya kebanyakan menyebutnya rajah Ki Kebo. Ki Kebo Kenongo ini, melestarikan rajah sudah sejak lama sekali, turun temurun dari keluarganya. Ki Kebo melanjutkan dan melestarikan rajah setelah kepergian bapaknya. Rajah Kasumedangan itu, dibukukan ditulis ulang oleh Agus Mulyana.

Pada tahun 2020, pandemi masih hangat-hangatnya, tiga pemuda yang menyukai musik itu membuat grup bernama AKSA. Ada hal yang menarik dari AKSA ini, mereka membuat band eksperimental, dengan membawakan rajah tersebut. Mereka mempelajari satu per satu rajah tersebut, dan langsung datang kepada pemiliknya yaitu Ki Kebo untuk membedah dari setiap lirik dari rajah tersebut. 

AKSA, band eksperimental yang terdiri dari 3 orang ini (Sae, Bule, Ijal) sudah merilis Music Video dengan judul Jampe Pangasalan Manusa. Ya, yang mereka pelajari pertama dari rajah itu adalah Jampe Pangasalan Manusa. Tentang penciptaan manusia secara biologis. Butuh waktu sebulan untuk mengharmonisasikannya. Sekarang sudah ada lima rajah yang sudah mereka aransemen, yang semoga dalam dekat ini merilis mini albumnya.

Saat Gig di Watson Elementary Party. Foto: Dokumentasi Panitia

Alat musik yang mereka gunakan itu, tidak terlepas juga dari unsur-unsur alat musik buhun; karinding, dogdog, hatong. Selain itu juga memadukan gitar elektriknya dengan beberapa hasil eksperimentnya dengan menggunakan korek api, swipoa (alat untuk menghitung), didgeridoo dan beberapa alat musik lainnya. Setiap rajah yang mereka bawakan, akan berbeda pula alat musik yang mereka gunakan.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Tiffani

    Oct 02, 2022 15:47

    Ԝe are an on the internet academic help gving portal. We have taken а pledge to offer nursing essay asѕistance to the pupils hailing from UK, UAE, United States, Singap᧐re, Australia and New Zealand. Wе have ceгtifieⅾ writers from the nursіn

  • John Doe

    Bernardo

    Oct 19, 2023 23:19

    معمولا سر آستین و قسمت پایینی این لباس کشبافت است تا از نفوذ سرما به داخل آن جلوگیری شود. فروشگاه اینترنتی دایان‌شاپ، راهکاری آسان برای خریدهای آنلاین شماست. پرداخت در محل، ارائه درگاه‌های امن، پیگیری سریع سفارشات، تضمین سلامت و کیفیت کالا از

  • John Doe

    Sheena

    Jan 17, 2024 04:19

    It's very effortless to find out any matter on web as compared to textbooks, as I found this paragraph at this web site.

  • John Doe

    Carma

    Feb 21, 2024 23:26

    Please let me know if you're looking for a author for your site. You have some really good articles and I think I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I'd love to write some articles for your blog in exchange for a link

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828