Pemkab Sumedang Meraih Rangking ke-2 se-Indonesia

kota-Prestasi gemilang diraih Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang, pemkab meraih rangking ke-2 se-Indonesia kategori Pemerintah Daerah  dalam penilaian Implementasi Program Pengendalian Gratifikasi Triwulan III 2021. Direktorat Gratifikasi dan Pelayanan Publik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pemkab Sumedang meraih nilai gemilang untuk semua unsur yang menjadi penilaian. Ada 12 komponen yang menjadi penilaian, diantaranya Aturan/refulasi, SK UPG, Golongan UPG, Diseminasi, e-learning, Sosialisasi, Bimtek, Titik rawan, Mitigasi Risiko, Stakeholder, Pelaporan soal implementasi program pengendalian gratifikasi dan Penanganan pelaporan soal gratifikasi kepada KPK.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengungkapkan capaian yang telah diraih merupakan berkat kerjasama dan kerja keras semua penyelenggara pemerintah serta Tim Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) Inspektorat Pemkab Sumedang. 

"Penghargaan dan prestasi ini berkat kerja keras semua penyelenggara pemerintah dan kerjasama Tim UPG Inspektorat Kabupaten Sumedang," ungkap Bupati Dony, Rabu (24/11).

Program Pengendalian Gratifikasi adalah salah satu bentuk upaya pencegahan korupsi dengan menciptakan suatu  lingkungan dan sisitem pemerintahan yang mampu mencegah terjadinya penerimaan gratifikasi secara illegal serta menumbuhkan budaya anti gratifikasi.

"Cara penilaiannya dilakukan melalui aplikasi dengan mengupload dokumen-dokumen dan menilai atas 12 indikator," Kata Dony. 

Dalam Monitoring dan Evaluasi Implementasi Program Pengendalian Gratifikasi Data Seluruh Instansi Kategori Pemerintah Daerah oleh KPK, rangking 1 diduduki oleh Pemprov Jawa Tengah, rangking 2 Kabupaten Sumedang, rangking 3  Pemkab Banyumas dan rangking 4 Pemprov Banten.

Dony menuturkan, dari 12 indikator yang menjadi penilaian, Kabupaten Sumedang dinyatakan telah memenuhi semuanya dengan nilai 100. 

"Kelebihan Kabupaten Sumedang dibanding dengan kabupaten lain adalah bahwa dari 12 indikator yang diminta, Pemerintah Kabupaten Sumedang sudah memenuhinya," Jelas Dony

Dony menambahkan, raihan yang telah dicapai merupakan bagian dari visi dan misi Pemkab Sumedang di masa kepemimpinannya.

"Semua ini merupakan perwujudan dari salah satu visi misi kami, Bupati dan Wakil Bupati, yakni profesional aparaturnya," pungkas Dony

- Sponsored Ad - post-title
Katen Doe
Penulis

INIMAHSUMEDANG

-

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel