Bayu Baluwarta

Bayu Baluwarta: Alumni Sastra Arab yang Jago Ngedoodle

Doodle art adalah salah satu bidang seni yang digemari anak muda. Karena bisa menjadi salah satu medium berekspresi yang menghasilkan gambar lucu dan tidak membosankan. Seperti doodle Tahoo and Friends, yang kami gunakan di halaman awal aplikasi Android Inimahsumedang yang bisa kamu download di sini.

Kang Bayu Baluwarta mendalami doodle art sejak 2015 saat masih menjadi mahasiswa tingkat akhir jurusan sastra Arab di UIN Bandung. Karena galau mikirin skripsi, Kang Bayu melepas penatnya dengan ngegambar.

Sebelum menekuni doodle, Kang Bayu sempat mengembangkan komik strip yang ia upload ke sosial media. Namun setelah menemukan keasyikan dengan doodle, Kang Bayu ga bisa move on. Dan bahkan menjadikan doodle sebagai aktifitas ekonomi utama.

Proses ngedoodle kang bayu, dimulai dari gambar manual menggunakan pensil tinta, kemudian dikoneversi ke digitalkan dengan bantuan graphics tablets seperti Wacom dan aplikasi pengolah gambar, Adobe Illustrator. Pengolahan doodle menjadi digital, adalah salah satu keunggulan Kang Bayu. Karena banyak doodler yang hanya membuatnya di kertas tanpa dikonversi digital.

Doodle Joy Bayu
Doodle Joy Bayu

Salah satu project berkesan yang pernah dikerjakan adalah membuat doodle untuk buku mewarnai anak yang hingga saat ini masih tersedia di toko buku.

Kang Bayu biasanya mengerjakan doodle untuk di berbagai medium seperti kaos, topi, tumblr, tembok (mural) dll.

“Cita-cita saya bisa punya distro dengan brand sendiri yang fokus di doodle!”, kata Kang Bayu yang bercerita banyak saat main ke Sawala Space.

Yuk, follow Instagramnya di @bayubaluwarta. Dan share artikel tentang doodler asli Jatinangor, Sumedang ini.

Inimahsumedang x Bayu Baluwarta mempersembahkan Tahoo and Friends.

Tahoo and Friends adalah project kreatif yang terinspirasi kekayaan budaya dan tempat ikonik di Sumedang dan Indonesia. Dikemas dengan doodle karya Bayu Baluwarta ke dalam berbagai jenis merchandise yang kamu suka.

Dukungan kamu, sangat berarti untuk kami menghasilkan karya selanjutnya. Pesan sekarang di @tahooandfriends atau di tahoo.sumedangcreative.com.

Facebook Comments
Bayu Baluwarta: Alumni Sastra Arab yang Jago Ngedoodle

You May Also Like