Buat apa kuliah kalo hasilnya kaya gini nih!

63
views

Kuliah tuh buat apa sih? Menuntut ilmu! Semua orang pasti jawab gitu. Klise banget lah. Tapi.. buat rakyat miskin kaya gue, kuliah itu buat memperbaiki hidup. Kuliah biar dapet skill, terus bisa diterima kerja, dapet gaji agak gedean, biar bisa makan! Biar ga kaya Bapak gue yang tamatan SMP dan berakhir jadi tukang becak dan nyambi jadi tukang parkir. Mau makan terus dari recehan? Makan tuh receh!

Tujuan kuliah buat gue dan kebanyakan orang emang sedangkal itu. Terus kalo selesai kuliah ga dapet skill gimana? Ya ga kerja! Memang sih banyak yang beruntung tetep dapet kerja, tapi paling ya kerjanya ga nyambung sama apa yang dipelajari pas kuliah, kaya semacam sia-sia gitu ga sih.

Ya gpp sih gpp. Banyak orang berpendapat akan situasi itu bilang “Ya ga ada ruginya, kan di kuliah kita belajar hal yang lain seperti bersosialisasi misalnya”. Ga kuliah juga bisa kali kaya gitu mah! Ngapain bayar tiap semester untuk hanya bersosialisasi cantik.

Itulah kenapa orang kita tuh jarang punya expertise. Ya kuliahnya apa, ya kerjanya apa. Tapi kan Chairul Tanjung aja kuliah kedokteran akhirnya jadi pengusaha sukses dan jadi menko ekonomi? Berapa banyak sih yang bisa kaya gitu bro?

Gw sih yakin ya, lebih banyak orang yang pas lulus kuliah kelabakan bingung karena ga punya skill menonjol yang bisa dipake, karena ga dapet apa-apa pas kuliah.

Ya gimana ga mau dapet apa-apa. Jadwal mata kuliah ngoding yang seharusnya jadi yang paling utama, yang dateng cuma asisten dosen dan cuma disuruh ngetik kodingan di proyektor. Lah ngana pikir aja, di kelas gue itu ga semuanya pinter. Kalo disuruh kaya gitu mah kaga ngarti lah. Skill ngoding tuh kudu terlebih dahulu dipaparkan konsepnya, jadi ntu mahasiswa bisa ngarti.

Ditambah lagi mahasiswa karyawan yang sibuk kerja, ditambah bawaan lahir yang ga kebiasa untuk eksplore sesuatu. Udah deh lengkap, selesai kuliah IT kaga ngarti apa-apaan.

Buat Bapak/Ibu Dosen. Tanggung jawab Anda memang berat, saya mengerti Bapak/Ibu juga jelimet dengan urusan pribadi dan gaji yang nyaris ga mencukupi. Tapi kepedulian lebih kepada mahasiswanya bakal bikin generasi muda ga makan dari recehan terus. Ga usah muluk-muluk, ajarin mahasiswanya supaya bisa belajar sendiri, eksplor sendiri.

Buat orangtua, liatin deh anaknya. Bakat dan minat anak tuh diarahkan dari kecil. Jadi ga salah ngambil kuliah yang sia-sia. Itu tanggung jawab kalian juga! Dan pikir ulang utk maksain anak kudu masuk jurusan apa.

Buat lo Mahasiswa yang ngerasain kondisi kaya gitu, jangan cuma nerimo. Lo ga bakal dapet apa-apa kalo lo ga berusaha lebih buat masa depan lo. Yang bisa nolong cuma diri lo.

Buat mahasiswa yang kuliah di kampus berkualitas, lo beruntung punya semua akses itu, yang ga didapet sama rakyat miskin kaya gue. Semua fasilitas lo lengkap, jadi ga usah belagu untuk pake waktu lo cuma buat nongkrong-nongkrong ga jelas! Kalo lo ngerasa salah jurusan dan udah nanggung, go ahead dan cari expertise lo!

Buat mahasiswa yang dapet beasiswa di kampus yang bagus, bukan yang gagal dapet beasiswa kaya gue, seharusnya lo lebih ngerti gimana supaya ga mensia-siakan kesempatan ini. Go to extra miles, please! Inget kita miskin. Ikutan kegiatan diluar kelas, eksplorasi sampe lo nemu strength lo, pick your battle, build your expertise.

Buat gue, yang agak beruntung punya self-driven dan lebih eksploratif cuma menyayangkan aja kalo banyak temen gue yang ga dapet apa-apa pas kuliah.

Tapi tenang, gue ga mau cuma kritik doang ko. Gue akan mulai do something untuk usaha bikin ini semua lebih baik. Sesimpel ngasih tau ke temen gue untuk lebih eksploratif!

Ini kritik dan juga renungan buat gue sendiri ko!
Terima kasih

Featured image: huffpost.com
Penulis: Sutisna Mulyana
Cross-posted dengan Ziliun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here