Budaya Membaca dan Inisiatif Panti Baca Ceria

Jika berbicara mengenai budaya membaca, Indonesia jauh tertinggal. Berdasarkan hasil penelitian ‘World’s Most Literate Nations Ranked’ yang dilakukan oleh John Miller (Presiden Central Connecticut State University di New England, US), menyatakan bawah Indonesia berada di peringkat 60, dari 61 negara yang diteliti mengenai budaya/mina baca.

Dilihat dari ketersediaan fasilitas seperti akses terhadap buku atau perpustakan, Indonesia dibilang sangat cukup. Menurut data yang sama, Indonesia ada di peringkat 34. Mengungguli negara maju seperti Germany, Portugal, New Zealand dan South Korea. Nah, jadi sebetulnya akses terhadap buku dan perpustakaan tidak semata-mata membuat pertumbuhan minat baca orang Indonesia.

Tree growing from a head, Learning concept

Illustrasi: Freepik.com

Menurut saya, ini masalah serius yang harus diupayakan perbaikan nya oleh semua pihak, tidak hanya oleh pemerintah. Karena saya percaya bahwa budaya membaca akan berpengaruh terhadap kemajuan bangsa. Terutama untuk anak, seperti yang dikatakan Nilai Tanzil dalam blognya, “Buku bisa menginspirasi anak untuk bermimpi besar”.

Kita sepakat bahwa perbaikan itu harus dimulai dari diri kita sendiri. Dengan mulai memaksa diri kita untuk lebih banyak membaca. Untuk kebanyakan dari kita yang tidak terbiasa dengan budaya membaca, pasti awalnya susah. Kita bisa mulai membaca dari hal-hal yang kita suka jadi tidak terlalu merasa terbebani. Saya sendiri mulai membiasakan membaca buku bahasa Inggris dimulai dengan membaca ringksannya di aplikasi Blinkist. Jika saya tertarik dengan kontennya, baru saya akan membaca bukunya secara lengkap. Dengan memperbaiki dari diri sendiri, kita bisa memberikan inspirasi perubahan itu untuk keluarga, anak dan orang sekitar.

Hal lain yang bisa kita lakukan adalah mendukung inisiatif baik seperti Panti Baca Ceria yang membuka taman baca gratis di daerah Talun, Sumedang. Dan juga program Sapedah Baca nya yang dilakukan tiap sabtu malam dan minggu pagi di Alun-Alun Sumedang. Inisiatif ini dimulai Kang Ipul karena kepeduliannya untuk mengarahkan aktifitas anak-anak sekitar rumahnya menjadi lebih bermanfaat, seperti membaca.

img_4212

Hari minggu (4/12) Sumedang Creative menyalurkan donasi buku pembelajaran dan dongen anak kepada Panti Baca Ceria. Mudah-mudahan ini menjadi awal kolaborasi dan bentuk dukungan kami untuk inisiatif seperti Panti Baca Ceria.

Featured image: jadiberita.com
Penulis : Sutisna Mulyana
Cross-posted dengan Sumedang Creative

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here