MAPASAS akan  Jelajahi semua Curug Sumedang (Air Terjun)

Salam Rimba Salam Lestari

Mahasiswa Pecinta Alam STIE Sebelas April Sumedang yang di singkat MAPASAS sebentar lagi akan mengadakan kegiatan Jelajah Curug Sumedang dalam rangka memperingati Diesnatalis 7. Kegiatan yang akan dilaksanakan bulan April dan Mei ini akan diikuti oleh 9 orang anggota MAPASAS yang telah disiapkan secara tim. Acara penjelajahan ini memang telah dicita-citakan jauh sebelum tim ini terbentuk. Kami sangat berkeinginan mempunyai prestasi dalam bidang petualangan, menyumbangkan sedikit keahlian kami di bidang outdoor untuk Sumedang tercinta. Kegiatan yang kami pilih ini penjelajahan Curug (Air Terjun) di wilayah Sumedang. Kebanyakan orang mungkin sudah melakukan kegiatan wisata ke beberapa curug di Sumedang, lalu mengapa Mapasas memilih sebuah acara yang sebenarnya bisa dilakukan banyak orang?

 

Apa Jelajah Curug Sumedang itu?

Jelajah Curug Sumedang adalah sebuah perjalanan eksplorasi dengan tujuan pengambilan data lokasi, ketinggian, dan memungut sampah plastik di area Curug (Air Terjun) di wilayah Sumedang. Selain itu juga kita berkeinginan mendokumentasikan potensi-potensi wisata air terjun di wilayah Sumedang. Ini menjadi alasan paling mendasar bagi kami melakukan pengambilan data ke beberapa curug di Sumedang dan nantinya bisa dikembangkan banyak pihak untuk kemajuan Sumedang. Memang terkesannya terasa mudah akan tetapi setelah dua bulan kita melaksanakan rapat ternyata cukup rumit juga. Kami mempersiapkan Tim Dokumentasi untuk menghasilkan foto, video, dan artikel yang nantinya kita upload di Instagram, YouTube dan Website. Kami juga mempersiapkan keperluan lapangan seperti peralatan yang harus memenuhi standar (safety). Disamping itu kami juga telah mengatur jadwal penjelajahan agar tidak mengganggu aktivitas anggota yang sedang kuliah. Semua ini disiapkan demi kenyamanan dan keamanan tim dalam melaksanakan penjelajahan.

 

Bagaimana Jelajah Curug Sumedang itu?

Dalam upaya melancarkan acara, semua tim memperisiapkan metode-metode pengambilan data ketika penjelajahan. Salah satunya kita mengadakan workshop jurnalistik yang telah dilaksanakan 5 April 2019 lalu. Semua itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas acara kami. Perjalanan akan dilakukan tim sebanyak tiga kali dalam seminggu. Selain belajar menulis, memotret, dan mengambil video kami juga belajar mengedit video untuk keperluan konten di akun YouTube. Dalam sisi pembuatan artikel kami belajar bagaimana cara proses wawancara yang benar.  Dengan adanya artikel ini, kami meminta dukungan semua pihak demi mewujudkan cita-cita kita untuk Sumedang. Semoga dalam proses persiapan dan teknis lapangan nanti kami bisa sama-sama belajar menjadi Mahasiswa Pecinta Alam yang sesungguhnya.

 

Penulis Tim :

MAPASAS STIE Sebelas April Sumedang

 

Facebook Comments
MAPASAS akan  Jelajahi semua Curug Sumedang (Air Terjun)

You May Also Like