Pecinta Kuliner Jangan Lewatkan Festival Tahu Sejuta Rasa

Festival Tahu Sejuta Rasa (FTSR) 2018 siap digelar Minggu (8/4/2018) di Alun-alun Sumedang. FTSR 2018 merupakan event besutan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Sumedang.

Event tersebut digelar dalam rangka memeriahkan ulang tahun ke-440 Kabupaten Sumedang. Di festival ini para pencinta kuliner bakal dimanjakan. Semua diajak mencicipi beragam kuliner olahan Tahu Sumedang yang tersohor bagi wisatawan nusantara maupun wisatawan nusantara.

“Ini merupakan festival untuk kembali mengangkat kuliner khas Sumedang. Yaitu Tahu. Sebagai kuliner khas daerah, keduanya mempunyai potensi yang sangat besar untuk menunjang kepariwisataan. Selain itu untuk membantu para pelaku promosi UMKM khusunya pengusaha tahu,” kata Ketua PHRI Sumedang, Nana Suryana, Selasa (3/4/2018).

Menurut Nana, dalam pelaksanaan pihaknya akan mengundang ratusan pedagang tahu dan puluhan ribu masyarakat yang ada di Kabupaten Sumedang. Nantinya, mereka akan berjajar mulai dari Binokasih hingga halaman Lapas Sumedang dan makan tahu secara bersama-sama.

“Jadi nanti dalam kegiatan festival ada sebagian yang menggoreng tahu. Mereka itu adalah para pedagang yang biasa menggoreng tahu. Nanti mereka juga menjelaskan bagaimana cara menggoreng tahu agar rasanya enak,” ujar Nana.

Nana menuturkan, festival akan dibagi menjadi 2 sesi. Yakni sesi pertama, yakni sesi menggoreng dimana masyarakat yang datang bisa melihat bagaimana cara tahu itu digoreng.  Kemudian sesi kedua menikmati tahu goreng secara gratis. Artinya, di sesi kedua ini yang paling heboh. Sebab panitia juga akan mengadakan games seperti lomba makan tahu dan lomba hiburan lainya.

“Kegiatan festival tahun ini, akan dijadikan ajang promosi para pengusaha tahu yang ada di Sumedang terkait tahu yang diproduksinya. Sehingga panitia mempersilahkan tiap pengusaha mempromosikan diri,” tuturnya.

Yang hobi masak, bisa ikut Lomba Resep Kuliner Tahu Sumedang. Semua bebas berkreasi dengan menu andalannya. Begitu juga yang hobi fotografi. Ada Lomba Fotografi Pesona Kuliner Sumedang yang bisa diikuti.

Deputi Pemasaran I Kemenpar, I Gde Pitana, juga memberikan dukungannya untuk acara ini. FTS 2018 pun di-support Bidang Pemasaran I Kemenpar. Pitana mengatakan event ini merupakan peran aktif dari seluruh stakeholder pariwisata Sumedang.

“Kuliner merupakan bagian tak terpisahkan dari pariwisata. Apa lagi Tahu Sumedang. Keduanya merupakan kuliner ikonik yang begitu terkenal. Ini tentu harus kita manfaatkan untuk mendongkrak pariwisata Sumedang. Yang melaksanakan juga merupakan perhimpunan industri pariwisata,” ucap Pitana.

Facebook Comments
Pecinta Kuliner Jangan Lewatkan Festival Tahu Sejuta Rasa

You May Also Like