Upacara Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-72 di Puncak Gunung Tampomas, Sumedang, Jawa Barat

59
views

Sumedang 17 Agustus 2017. Sekitar 350 orang pendaki memperingati hari kemerdekaan dan upacara bendera di Puncak Gunung Tampomas (17/8). Peringatan hari kemerdekaan dilakukan oleh relawan-relawan pendaki yang bertemu dan berkumpul di Gunung Tampomas ketika pendakian, diantaranya berbagai Organisasi Pecinta Alam, Komunitas, dan individu dari Sumedang maupun luar Sumedang.

Perangkat upacara disiapkan secara sederhana namun dilakukan dengan asas kebersamaan diantara para pendaki. Rangkaian upacara pun berlangsung dengan khidmat dan penuh kebanggaan atas bangsa Indonesia.  Dengan acara inti yaitu menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” oleh seluruh pendaki serta dilanjutkan dengan menyanyikan lagu wajib “17 Agustus 1945”.

“Gunung Tampomas sejak dahulu telah menjadi Primadona bagi Masyarakat Sumedang mulai dari kepentingan perkebunan, perusahaan, wisata sejarah/budaya, hingga rekreasi alam. Sudah selayaknya berbagai kepentingan tersebut mendapatkan ruang yang tertata dan terkelola dengan baik oleh semua stakeholder” tutur saudara Jibriel (Relawan Pembina Upacara saat memberikan amanat).

“ Perjuangan pahlawan-pahlawan terdahulu terhadap kemerdekaan Bangsa Indonesia dapat direfleksikan oleh gerenasi sekarang melalui kapasitas dalam bidangnya masing-masing. Terkait dengan aktivitas mendaki tentulah terdapat upaya-upaya perjuangan yang bisa dilakukan seiring dengan permasalahan yang nampak saat ini. Salahsatunya adalah memperjuangkan kawasan wisata seperti Gunung agar terbebas dari sampah, vandalisme, serta kerusakan-kerusakan lainnya yang dapat menjadi masalah untuk keseimbangan alam”., lanjutnya.

Diakhir upacara peringatan hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 72 di Puncak Gunung Tampomas, salahsatu relawan pergerakan konservasi di Sumedang yang bertajuk #TAMPOMASBICARA menginformasikan bahwa akan dilakukan aksi simpatik terhadap permasalah yang ada di Gunung Tampomas saat ini seperti permasalahan sampah dan lain-lain. Kegiatan tersebut direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2017 (Kamis).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here