Ahli Kesehatan Amerika Serikat Peringatkan Perihal Bahaya Media Sosial Bagi Anak-anak

Media sosial dapat menghadirkan risiko nyata bagi kesehatan mental anak-anak dan remaja, demikian peringatan dari pejabat tinggi kesehatan Amerika Serikat (AS) pada hari Selasa, 23 Mei 2023 mengatakan semakin banyak bukti bahwa penggunaan media sosial dapat membahayakan anak-anak secara serius dan mengeluarkan peringatan keras kepada orang tua, perusahaan teknologi, dan regulator.

Menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS, sebanyak 95 persen remaja AS dilaporkan menggunakan media sosial dan lebih dari sepertiga menggunakannya hampir terus-menerus.

Perihal tersebut dalam laporannya, ahli bedah umum AS Vivek Murthy mengatakan bahwa media sosial dapat membantu anak-anak dan remaja menemukan komunitas untuk terhubung, tetapi itu juga mengandung konten ekstrem, tidak pantas, dan berbahaya yang dapat menormalkan tindakan menyakiti diri sendiri dan bunuh diri.

Hal itu dapat melanggengkan ketidakpuasan tubuh, gangguan makan, depresi, dan membuat anak-anak rentan terhadap intimidasi online saat mereka sedang menjalani tahap kritis dalam perkembangan otak.

"Ada banyak indikator bahwa media sosial juga dapat memiliki risiko besar yang membahayakan kesehatan mental dan kesejahteraan anak-anak dan remaja," ungkap Murthy.

Murthy meminta pembuat kebijakan untuk memperkuat standar keamanan media sosial dan mendesak perusahaan teknologi untuk secara bertanggung jawab menilai dampak produk mereka terhadap anak-anak dan berbagi data dengan peneliti.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828