Akhir-akhir Ini Sering Merasakan Panas? Ini Penyebabnya.

Akhir-akhir ini ngerasain gak sih sering gerah, panas yang tak biasa? Apakah di daerah wargi Sumedang juga begitu? Suhu panas tersebut bahkan tidak di siang hari saja, tetapi di malam hari pun dirasakan dan itu membuat kita tidak nyaman.

Ternyata di beberapa wilayah di Indonesia pun sama. Tentunya penasaran dong, cuaca tersebut disebabkan apa?

Nah, menurut Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, mengatakan cuaca yang sangat panas itu bukan karena fenomena Gelombang Panas. Fenomena suhu udara terik yang terjadi pada siang hari disebabkan beberapa hal:

Pertama, posisi semu matahari saat ini sudah berada di wilayah utara ekuator yang mengindikasikan sebagian wilayah Indonesia akan mulai memasuki musim kemarau. Di mana tingkat pertumbuhan awan dan fenomena hujannya akan sangat berkurang.

Kedua, dominasi cuaca yang cerah dan tingkat perawanan yang rendah tersebut dapat mengoptimalkan penerimaan sinar matahari di permukaan Bumi, sehingga menyebabkan kondisi suhu yang dirasakan oleh masyarakat menjadi cukup terik pada siang hari.

BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kondisi stamina tubuh dan kecukupan cairan tubuh terutama bagi warga yang beraktivitas di luar ruangan pada siang hari, supaya tidak terjadi dehidrasi, kelelahan dan dampak buruk lainnya.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828