Aksi Gerakan Bersih-bersih Saluran Irigasi

Aksi Gerakan Bersih-bersih (GEBIS) dilakukan oleh Pemerintah Kelurahan Kota Kulon Kecamatan Sumedang Selatan, bersama TNI-Polri, BPBD, PU wilayah Kota, Dinas Lingkungan Hidup serta masyarakat, membersihkan saluran Irigasi Burujul yang mengalami pendangkalan, Minggu 30 April 2023.

Menurut Lurah Kota Kulon, Kiki Hakiki menyebutkan aksi gerakan bersih-bersih sampah di sepanjang Irigasi Burujul, dilakukan mulai dari titik yang melintasi komplek Ismalic Center Sumedang hingga lingkungan Gending. 

"Seperti yang diketahui, akibat terjadinya pendangkalan Irigasi Burujul sempat mengakibatkan banjir cileuncang di lingkungan Islamic Center hingga merendam Masjid Al-Ikhlas setinggi lutut orang dewasa berberapa hari yang lalu," katanya. 

Rencananya, aksi bersih-bersih akan dilakukan secara rutin, guna mengantisipasi meluapnya kembali air dari saluran irigasi ketika diguyur hujan deras. Aksi nyata ini, kata lurah, sebagai bentuk nyata Sumedang Sakti atau Surti Babakti Pikeun Sumedang Simpati. 

"Alhamdulillah semuanya respon untuk aksi kali ini. Air di saluran irigasi dapat mengalir dengan normal setelah dibersihkan dari sampah maupun lumpur yang menjadi penyebab terjadinya pendangkalan hingga airnya sempat meluap," tuturnya. 

Hal yang sama disampaikan oleh Kasi Pencegahaan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Sumedang, Adang. Aksi bersih-bersih yang dilaksanakan bersama-sama ini, diharapkan dapat menciptakan lingkungan bersih dan terhindar dari banjiri. 

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828