Antusiasme Warga Desa Cisarua Mengikuti Hajat Lembur

Ramainya masyarakat Dusun Ciwaru Desa Cisarua Kecamatan Cisarua, menyaksikan beberapa gelaran seni dan budaya dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah, pada Senin, 31 Juli 2023. Ya tentunya diberbagai desa di Sumedang banyak yang masih menggelar ritual hajat lembur ketika dalam rangka Tahun Baru Islam.

Keramaian tersebut tentunya banyak ragam  kegiatan yang mengisi acara tersebut, di antaranya; kirab, upacara adat pangbagya, sedekah kubro, tawasul, ngaguar falsafah, nyawer Nyai Sri, celempungan, makan bersama, dan ketuk tilu. Ratusan warga dari mulai kalangan anak-anak, hingga dewasa mengikuti dan menyaksikan acara tersebut.

Menurut Ketua Panitia, Acep Manggala, mengatakan bahwa di Dusun Ciwaru ini sebuah acara meriah dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam merupakan yang pertama kali digelar.

"Sebelumnya suka ada namun tak sebesar ini, hanya ngabubur syuro saja. Tapi sekarang kami kolaborasi dengan semua elemen masyarakat yang ada d Ciwaru," katanya.

Tujuannya, sambung Acep, pihaknya ingin menggali, memperkenalkan, dan melestarikan budaya leluhur yang saat ini dinilai sudah susah dikenal oleh generasi sekarang. Adapun makna dari kegiatan tersebut, warga bisa bersatu, guyub lewat seni budaya, saluyu sabilulungan, dan gotong-royong.

"Jadi ada nilai yang berlaku di tanah kami yang dirasa sekarang mulai menghilang. Makannya kami mulai menggali dulu, lalu kami perkenalkan ke generasi selanjutnya, dan untuk dilestarikan nilai-nilai tersebut," ujarnya.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828