Aufklarung, Kelas Filsafat di Panti Baca Ceria. Terbuka Untuk Umum

Sudah dua kali pertemuan untuk tahun ini, Kelas Filsafat dari Panti Baca Ceria digelar setiap hari Kamis dengan nama Aufklarung. Sudah pernah mendengar istilah Aufklarung? Okeh nanti mimin jelaskan yah.

Kelas Filsafat yang digelar secara gratis ini, sudah berjalan sekitar 2 tahun dengan tema berbeda-beda. Seperti tahun ini. Selama bulan Juni, kelas membahas kembali semua ke kata pengantar; pengantar filsafat dan lainnya.

Untuk tahun ini, kelas digelar masih di Panti Baca Ceria yang baru, yakni Sawala Space. Setiap bulannya kelas dibagi menjadi empat pertemuan, dengan melanjutkan pertemuan sebelumnya. 

Nah mengenai nama Aufklarung sendiri, Aufklarung dikenal sebagai zaman pencerahan yang merupakan zaman kelanjutan dari zaman Renaissance. Istilah aufklarung berasal dari bahasa Jerman, yang artinya pencerahan. Dalam bahasa Inggris, aufklarung berpadanan dengan istilah enlightenment yang artinya pencerahan atau penerangan.

Jika zaman Renaissance adalah peralihan dari zaman pertengahan ke zaman modern dan dianggap sebagai masa peremajaan bangsa, maka peristiwa aufklarung adalah masa pendewasaan bagi Bangsa Eropa. Zaman ini diberi nama zaman pencerahan karena pada zaman ini manusia mulai mencari cahaya baru melalui rasionya sendiri.

Merujuk pada buku Pemikiran Dibalik Peristiwa Renaissance dan Aufklarung karya Heri Purwanto, abad pencerahan berlangsung pada abad XVII - XVIII (1685-1815). Negara pelopornya adalah Inggris dan Prancis. Dapat dikatakan bahwa, di kedua negara ini memang banyak lahir ilmuwan dan pemikir atau filsuf yang gagasannya sangat berpengaruh untuk lahirnya abad pencerahan.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Pansy

    Oct 10, 2022 21:24

    Heⅼlo to every one, it's actually a good for me to pay a visit this web page, it contains useful Information.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828