Bahaya Untuk Manusia, Elon Musk Minta AI Diberhentikan Dulu

Ramai kembali perihal AI (Artificial Intelligent) atau kecerdasan buatan di media sosial akhir-akhir ini. CEO Tesla, Elon Musk, bersama sejumlah petinggi perusahaan teknologi lainnya meminta agar pengembangan sistem kecerdasan buatan (AI) dihentikan untuk sementara waktu.

Hal tersebut diketahui setelah Musk dan bos teknologi lainnya menandatangani sebuah surat terbuka. Surat terbuka itu hingga kini sudah ditandatangani lebih dari 1.000 orang, termasuk Musk dan salah seorang pendiri Apple, Steve Wozniak. Hal ini dipicu semakin majunya teknologi GPT-4 dari perusahaan Open AI yang didukung Microsoft.

Sebelumnya perusahaan mengklaim model terbarunya ini akan jauh lebih canggih dari sebelumnya untuk mendukung ChatGPT bekerja lebih maksimal. “Sistem AI dengan kecerdasan buatan kompetitif manusia dapat menimbulkan risiko besar bagi masyarakat dan kemanusiaan,” demikian tertulis pada surat terbuka, dikutip dari Science Alert.

Selain itu tertulis juga dalam surat tersebut, sistem AI yang super canggih dapat dikembangkan apabila masyarakat telah siap dan yakin bahwa efeknya akan posistif serta risikonya dapat dikelola.

Surat terbuka yang diselenggarakan Future of Life Institute itu ditandatangani juga oleh kritikus terkemuka sekaligus pesaing OpenAI, yakni kepala Stability AI, Emad Mostaque. Kemudian ada pula perintis AI Kanada, Yoshua Bengio, yang turut menandatangani surat ini.

Pada konferensi pers virtual di Montreal dia mengatakan bahwa, masyarakat belum siap untuk teknologi ini. Karena teknologi seperti memiliki resiko penyalahgunaan di masa depan.“Mari pelan-pelan. Mari pastikan kita mengembangkan batasan yang lebih baik. Seperti yang telah kita lakukan untuk tenaga nuklir dan senjata nuklir,” ujar Bengio.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    ppu-prof_Or

    Mar 01, 2024 10:55

    Наша команда искусных мастеров проштудирована выдвинуть вам современные системы, которые не только обеспечат надежную безопасность от заморозков, но и подарят вашему дому стильный вид. Мы функционируем с самыми современными компонентами, обеспечивая про

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828