Beberapa Desa Mandiri dan Maju di Kecamatan Sumedang Utara

Kecamatan Sumedang Utara, lima dari sepuluh desa atau 50% masuk kategori Desa mandiri. Sisanya lima desa lagi masuk kategori desa maju. Sebelumnya di Sumedang Utara ini hanya ada 2 desa mandiri yaitu Mekarjaya dan Margamukti, disusul kemudian Desa Padasuka, Girimukti dam Rancamulya. Begitu menurut keterangan dari Kasie Tapem Kecamatan Sumedang Utara Endang Rohman, Rabu, 8/2/2023 dilansir dari sumedangkab.

Lima desa yang masuk kategori desa maju adalah Desa Jatihurip, Jatimulya, Kebonjati, Mulyasari dan Sirnamulya. Pihak Kecamatan berharap semua desa yang ada di Kecamatan Sumedang Utara kedepannya bisa masuk kategori desa mandiri, dan pihaknya terus mendorong, mengingat potensi untuk menjadi desa mandiri memang ada.

Menurut Pihak Kecamatan, banyak keuntungan ketika suatu desa sudah masuk kategori desa mandiri, salah satunya bantuan yang akan diterima lebih besar dibandingkan desa maju. Sementara itu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi suatu desa ketika ingin masuk kategori desa mandiri antara lain adanya partisipasi aktif masyarakat desa dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya desa. 

Terdapatnya sumber daya alam, sumber daya manusia, dan potensi ekonomi yang dapat dikembangkan di desa tersebut. Selain itu tersedianya akses masyarakat desa terhadap pelayanan-pelayanan dasar seperti kesehatan, pendidikan, dan perumahan, terdapatnya kerjasama yang efektif antara pemerintah, lembaga-lembaga swadaya; dan masyarakat, dan masyarakat desa dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan-kegiatan desa. 

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828