Bulan Ini Hujan Terus, Kata Orang Tua Dulu Namanya Hujan "Pabaru Cina"

Akhir-akhir ini hujan terus-terusan yah wargi Sumedang, semoga membawa berkah untuk kita semua. Nah, ngomong-ngomong hampir tiap hari nih dari bulan Januari sampai Februari ini, biasanya orang tua kita menyebut dengan hujan Pabaru Cina.

Hujan pada Pabaru Cina berbeda dengan hujan pada umumnya. Biasanya, hujan pada Pabaru Cina intensitas sedang namun hujan akan turun sepanjang hari, kadang bisa dari pagi sampai malam. Nah, dari fenomena turunnya hujan itulah orang Sunda dulu menyimpulkan atau menentukan Pabaru Cina.

Meskipun tidak melihat kalender, dulu orang Sunda, hanya melihat fenomena hujan sepanjang hari pada bulan Januari atau Februari bisa mengetahui dimulainya tahun baru Cina atau Imlek.

Nih mimin akan bahas tentang Pabaru Cina dari berbagai sumber. Kata pabaru berasal dari awalan “pa” dan kata “baru”. Awalan “pa” berfungsi sebagai membentuk kata kerja yang artinya melakukan. Baru sama artinya dalam bahasa Indonesia. Pabaru bisa diartikan melakukan yang baru. Atau sedang terjadi yang baru.

Pabaru Cina bisa diartikan saat pergantian tahun baru berdasarkan penanggalan Cina.

Orang Sunda tanpa melihat kalender pun bisa menentukan kapan tahun baru Cina. Ya dengan melihat fenomena hujan turun sepanjang hari dalam intensitas sedang.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828