Dari Insun Medal Insun Madangan, Hingga Petuah dari Pangeran Mekah untuk Masyarakat Sumedang

Nilai Filosofis Sumedang Puseur Budaya Sunda adalah “INSUN MEDAL INSUN MADANGAN” artinya yaitu “AKU LAHIR UNTUK MEMBERI PENERANGAN. Nilai filosofis tersebut berawal dari ucapan Prabu Tajimalela (+ 950 M) yaitu seorang Raja yang merangkap seorang Resi. Terkenal karena pemahamannya terhadap filosofis kenegaraan dan menjadi guru bagi para Puragabaya atau pembesar kerajaan Pajajaran.

Prabu Tajimalela adalah peletak dasar lahirnya Sumedang. Makna dari Nilai Filosofis ini adalah setiap warga masyarakat Sumedang harus memiliki semangat dan tekad untuk memberikan sumbang pikiran dan karya nyata yang terbaik dan tanpa pamrih bagi kepentingan bangsa dan negara, kapan pun dan di mana pun berada.

Warga masyarakat Sumedang harus memiliki mental baja sebagai pejuang pembangunan, memiliki keberanian untuk menegakkan kebenaran serta mampu meraih prestasi atau kemenangan tanpa harus mengalahkan.

Warga masyarakat Sumedang harus memiliki kharakter Bhirawa Anoraga yaitu berani tapi rendah hati. Semangat, tekad dan mental untuk memberikan penerangan sebagaimana diuraikan di atas lebih jauh tergambar jelas pada do’a dan nasehat yang diungkapkan oleh Pangeran Aria Soeria Atmadja (Pangeran Mekah) yang bunyinya sebagai berikut:

BARIS KA SAGALA BARUDAK SUNDA AING NENEDA KA GOESTI NOE MAHA KAWASA MOEGA-MOEGA ATI MARANEH DIBOEKAKEUN KANA PANEMOE ELMOE LAMOEN MARANEH NGADENGE PAPATAH NOE HADE SOEPAYA TEREH NGAHARTI SOEMAWONNA KANA PAPATAH-PAPATAH NOE GEUS SABABARAHATAOEN DIPAPATAHKEUN SOEPAYA DIIMANKEUN WANTIWANTI PISAN.

PANEDA AING KA GOESTI ALLAH SOEPAYA MARANEH PINARINGAN KABOENGAHAN DJEUNG REDJEKI DI DOENIA IEU TEPI KANA POE BOENGSOENA (ADJAL), SARTA MOEGA DIDJAOEHKEUN TINA BAHLA JEUNG PANARINGAN OEMOER PANDJANG. KITOE DEUI MASING ROENTOET ROEKOEN DJENG BARAJA MARANEH. MOEGA OELAH AJA SAOERANG OGE MARANEH NOE EUREUN MIKAHEMAN SAKABEHNA NOE MAPARIN GANDJARAN KA MARANEH.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828