Dari Tarawih Keliling Hingga Ajak Meningkatkan Spiritual dan Sosial Selama Ramadan

Selama satu bulan penuh kita menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan. Satu sisi meningkatkan kualitas spiritual dan di sisi lainnya meningkatkan kualitas sosialnya. Begitulah ajakan Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman kepada umat Islam di Sumedang. Ajakan tersebut disampaikan saat memberikan sambutan sebelum Salat Tarawih berjamaah di Masjid Agung Sumedang, pada hari Senin, 11 Maret 2024.

Dikatakannya, bahwa dua dimensi tersebut harus dibarengi dengan semangat kebersamaan yang tujuan akhirnya adalah kesejahteraan masyarakat. Ujungnya adalah kesejahteraan masyarakat yang ditandai dengan menurunnya angka kemiskinan, pengangguran dan angka stunting berikut indikator-indikator makro lainnya.

Menurutnya, kapasitas spiritual dirasakan begitu besar manfaatnya ketika Sumedang menghadapi berbagai tantangan dan ujian seperti bencana alam yang terjadi di awal tahun 2024. Semua itu di luar jangkauan, doa kita jauhkan dari bencana. "Jika semua sudah terjadi itu adalah ujian. Doa kita semoga dikuatkan agar kita naik derajat," ujarnya.

Menurutnya, pelaksanaan ibadah di Bulan Ramadan sejalan dengan Visi Beyond Sumedang Sehati (Sejahtera, Agamis dan Demokratis). 

Adapun Tarawih Keliling (Tarling) yang menjadi agenda tahunan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang kini akan berbeda dari biasanya. Dalam kegiatan Tarling 1445 H akan turut pula dilaksanakan Gerakan Pangan Murah. Tarling akan dilaksanakan di 26 kecamatan se-Kabupaten Sumedang dan diikuti oleh Forkopimda beserta para kepala perangkat daerah. 

Dikatakan Pj Bupati, dua kegiatan tersebut merupakan ikhtiar dalam meningkatkan kapasitas spiritual dan sosial Pemda Sumedang selama bulan Ramadan sekaligus menjaga stabilitas harga bahan pokok dan penting (Bapokting) menghadapi Idul Fitri.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828