Deklarasi Damai Seluruh Pelajar Kabupaten Sumedang

Ratusan pelajar SMA/SMK/MA di Sumedang beserta Kepala Sekolah, dan guru BK ikut serta dalam apel pagi di lapang upacara Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS), pada hari Senin, 20 Maret 2023. Hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Sumedang menggelar Deklarasi Damai Antar Pelajar se-Kabupaten Sumedang.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan, didampingi Wakapolres Sumedang Kompol Endar Supriyatna, Pasi Intel Kodim 0610 Sumedang Kapten Inf Achmad Syarifullah, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sumedang Asep Kurnia, Kepala BNN Kabupaten Sumedang AKBP Hery Sudrajat, Kasi Datun Kejari Kabupaten Sumedang Aditia Setiawan, dengan peserta apel perwakilan Siswa-siswi SMA/SMK/MA Se-Kabupaten Sumedang. Deklarasi damai ditandai dengan pembacaan dilanjutkan penandatanganan.

Sebagai pemimpin apel, yaitu Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan beliau berharap, bahwa deklarasi damai tersebut jangan hanya dibacakan saja tetapi harus betul-betul diimplementasikan. "Deklarasi harus betul-betul diimplementasikan, baik di sekolah, di lingkungan sosial maupun di rumah. Ini harus dihayati, jangan hanya dibacakan dan tandatangani saja," kata Erwan.

Wakil Bupati juga meminta sekolah lebih mengedepankan moral dan akhlak bagi pelajar. Menurutnya, jika moral dan akhlak siswa kuat, maka tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. "Dalam ekstrakurikuler lebih dikedepankan moral dan akhlak. Kalau moral dan akhlaknya sudah kuat, pelajaran yang lain pasti mengikuti. Karena itu akan menjadi modal bagus untuk melangkah kedepannya," ujarnya.

Setelah deklarasi tersebut, pihaknya bersama unsur terikat akan terus melakukan pemantauan dan edukasi ke sekolah-sekolah. "Kami akan pantau terus, lakukan langkah-langkah yang lebih nyata. Sehingga deklarasi ini tidak hanya sekedar dibacakan saja, tapi betul-betul dijalankan di sekolah-sekolah," katanya.

Deklarasi ini diharapkan menjadi momentum untuk berhentinya kekerasan yang dilakukan kalangan muda belia itu. Diketahui, beberapa peristiwa kekerasan pelajar kepada pelajar terjadi di Sumedang.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828