Dinkes Sumedang Waspadai Adanya Difteri

Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang saat ini terus mewaspadai terhadap kemungkinan serangan difteri, mengingat beberapa daerah di Jawa Barat sudah muncul kasus difteri termasuk di Kabupaten tetangga yaitu Kabupaten Garut.

Kabid P2P Dinkes Sumedang Reny K Anton mengatakan sejauh ini di Sumedang memang belum ada laporan kasus difteri, namun demikian kewaspadaan tetap diperlukan dan pihak Dinkes terus melakukan upaya promotif dan preventtif.

"Difteri ini menyumbat saluran pernapasan umumnya menyerang anak anak, namun demikian ada juga yang menyerang orang dewasa dan lansia," kata Reny, Sabtu, 4 Maret 2023.

Menurut Reny, gejala awal seseorang yang terkena difteri adalah deman dan sakit tenggorokan, kemudian timbul selaput putih disekitar amandel dan terjadi peradangan, bengkak hingga menyebabkan sesak napas dan bisa menimbulkan kematian.

Lebih lanjut dikatakan Reny untuk mencegah difteri terutama pada anak adalah harus patuh dalam melakukan vaksinisasi baik dasar maupun tambahan.

"Lakukan vaksinasi anak secara lengkap, karena difeteri dapat dicegah dengan vaksinasi, dan kalau sudah divaksin terserang maka gejalanya tidak akan parah," tambahnya.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828