Diskanak Sumedang Sosialisasikan Gemar Makan Ikan

Menurut Kabid Perikanan Dinas Perikanan dan Pternakan Kabupaten Sumedang, tingkat konsumsi ikan masyarakat Sumedang harus ditingkatkan, mengingat saat ini dinilai masih rendah, padahal ikan kaya akan omega yang baik untuk pertumbuhan bahkan bisa mencegah stunting.

Ikan mengandung omega 3 yang sangat bagus untuk perkembangan dan pertumbuhan. Namun sayang, konsumsi ikan di Sumedang masih rendah sekali, yaitu sebesar 17,39 kg perkapita. Padahal, angka konsumsi ikan tingkat nasional yaitu 56,39 kg perkapita.

Berbagai faktor memang turut mempengaruhi kenapa tingkat konsumsi ikan masyarakat Sumedang masih rendah. Misalnya lanjut Rudi orang lebih memilih makan daging ketimbang makan ikan, karena alasannya makan ikan ribet karena banyak durinya. Kemudian bisa juga karena ketersedian ikan di Kabupaten Sumedang masih terbatas dan lebih banyak dipasok dari luar daerah.

Sementara itu di perkampungan meskipun masyarakat memiliki kolam sendiri, namun ikan baru dikonsumsi setahun sekali bila jelang lebaran, dan banyak lagi faktur lainnya.

Untuk itulah lanjut Rudi pihak Diskanak Sumedang sendiri saat ini terus mensosilisaikan terkait gemar makan ikan kepada masyarakat dan manfaat ikan bagi pertumbuhan.

"Tak jarang kami juga melakukan kerjasama dengan pihak pusat untuk menggelar kegiatan gemar makan ikan dengab harapan setelah itu masyarakat bisa sadar bahwa mengkonsumsi ikan menjadi sesuatu yang baik mengingat ikan kaya akan protein dan bisa membantu pertumbuhan terutama pada anak anak," jelasnya. Senin, 13 Februari 2023. 

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828