Film HANA dari Sumedang Sabet Film Terbaik dan Sutradara Terbaik

Festival Film Pendek Piala Gubernur Jawa Barat 2023 di TVRI Jawa Barat, pada Kamis 30 Maret 2023 lalu, Sumedang dari karyanya Rio Rolando menyabet Film Terbaik dan Sutradara Terbaik. 

Festival Film Pendek Piala Gubernur Jawa Barat 2023 yang digelar untuk pertama kalinya ini merupakan momentum kebangkitan industri perfilman di tanah air.

Menurut Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat menghadiri kegiatan tersebut, mengatakan, "Saya ingin mendorong ekonomi kreatif di bidang film ini lebih maju lagi di Jawa Barat. Makanya Piala Gubernur untuk festival film pendek yang dikelola, dilaksanakan, dimotivasi oleh Parfi, Bu Alicia Johar," jelasnya.

Nah, film bertajuk HANA karya Rio Rolando menyabet Film dan Sutradara Terbaik. Dari 11 kategori, film HANA masuk 8 nominasi.

HANA memang produksi di Sumedang, yang berlokasi di Cipaku Darmaraja. Untuk yang kepo nih yah, tentang filmnya, begini sinopsisnya menurut sutradaranya saat Mimin wawancara.

Poster film HANA

Hana, gadis yatim piatu yang dididik keras oleh Karta, kakeknya, untuk menjadi seorang juara dalam panahan tradisional. Talenta Hana dalam bidang panahan ia dapatkan dari Karta dan almarhum ayahnya. Selain panahan, dalam darah Hana mengalir bakat menari dari almarhum ibunya. Namun Hana sangat dilarang untuk menari oleh Karta. Karena itu, Hana sering pergi menari tanpa sepengetahuan Karta. Dan terciptalah sebuah tari gondewa, tarian yang mewakili perasaan rindu Hana terhadap almarhum ibu dan ayahnya.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828