Fosil Purba Berumur Jutaan Tahun yang Berada di Kecamatan Tomo

Beberapa hari kebelakang di Sumedang ramai diperbincangkan mengenai penemuan fosil purba berumur jutaan tahun, tepatnya di daerah Desa Jembarwangi dan Desa darmawangi Kecamatan Tomo.

Penemuan fosil hewan purba yang ditemukan di sana, berupa hewan; gajah purba atau mamut, sapi purba, kura-kura hingga buaya. Seperti yang ramai di media, penemuan fosil kura-kura purba.

Penemuan fosil purba tersebut berlokasi di Blok Tetelar Duwet, Lembah Cisaar, Desa Jembarwangi dan Desa Darmawangi, Kecamatan Tomo, Sumedang. 

Di Jembarwangi sendiri, bentang alam berupa tebing batu, renik-renik kerang pada batu, hingga struktur sungai memang bisa dibaca oleh ahlinya. Bentang alam itulah diorama perubahan alam purba berjuta tahun lalu dari masa laut dangkal, laut tenang, rawa, hingga terestrial atau daratan.

Aktivitas eskavasi benda purbakala di kawasan konservasi Fosil Purba, wilayah Desa Jembarwangi, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang, untuk sementara ini dinyatakan telah berakhir.

Tim peneliti dan dari Disparbudpora Sumedang. Foto: Disparbudpora Sumedang 

Fosil Purba yang ditemukan pada saat ekskavasi, telah diamankan oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumedang, bersama para peneliti dari Balai Arkeologi Bandung, serta dari Badan Geologi dan Paleontologi Kementerian ESDM.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Rico

    Mar 13, 2023 03:26

    %%

  • John Doe

    Josh

    Mar 18, 2024 01:41

    14 Cartoons About Onlyfans Pornstars That'll Brighten Your Day Best pornstars

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828