Gelar Warisan Budaya TakBenda Jawa Barat 2023 di Sumedang

Sebelumnya pernah mimin tulis tentang Warisan Budaya TakBenda (WBTB), nah di Sumedang sendiri sudah ada 10 WBTB yang diakui tingkat Jawa Barat dan Nasional: Kuda Renggong, Ngalaksa, Tarawangsa, Tari Umbul, Rengkong, Tari Jayengrana, Goong Renteng, Celempungan. Sementara untuk WBTB Jawa Barat ada empat warisan budaya Sumedang yaitu Bedog Cikeruh, Bangreng, Cikeruhan, dan Kurupuk Bangreng.

Untuk akhir tahun 2023 ini, Seni Ajeng Kasumedangan dan Pengobatan Tradisional Raksa Jagat sudah ditetapkan untuk WBTB nasional. 

Pada kesempatannya Kabupaten Sumedang ditunjuk oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat menjadi tuan rumah pelaksanaan Gelar WBTB Jawa Barat 2023 di Lapangan Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS) pada hari Sabtu 16 Desember 2023. 

Sumedang termasuk yang paling banyak mendapat penghargaan dibanding daerah lain menjadi salah satu alasan WBTB digelar di Sumedang. Kegiatn Gelar WBTB Jawa Barat merupakan sebuah upaya penetapan, perlindungan sekaligus langkah apresiasi terhadap semua karya budaya di Jawa Barat khususnya di Sumedang. 

Serunya gelaran WBTB Jawa Barat ini diisi dengan berbagai ragam kesenian mulai dari Pencak Silat, Tari Umbul dan beragam kesenian Sumedang. Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman menyampaikan, terkait WBTB di Jawa Barat jika dikaji terdapat dua dimensi, selain menjadi dimensi tontonan tetapi juga hal yang paling substansial adalah menjadi dimensi tuntunan.  

"Warisan Budaya Tak Benda Jawa Barat bersumber dari budaya Sunda, ada Sunda Kacirebonan, Sunda Priangan dan Sunda yang beririsan dengan betawi. Selain nyaman untuk ditonton juga ragam WBTB yang diakui Unesco bisa menjadi tuntunan berbangsa dan bernegara," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828