Gerakan Seniman Masuk Sekolah di Sumedang Gelar Seni Budaya

Ratusan pelajar tingkat SMP di Sumedang berkumpul di Kebun Bambu yang berada di Dusun Cijengkol Desa Cikoneng, Kecamatan Ganeas. Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari Sabtu dan Minggu, 14-15 Oktober 2023.

Ratusan pelajar tersebut berkumpul untuk menunjukan penampilan seni dan kebudayaan yang telah diajarkan oleh seniman-seniman asal Sumedang dalam program GSMS (Gerakan Seniman Masuk Sekolah) yang diusung oleh Kemendikbudristek. Berbagai kreasi seni dan budaya ditunjukan, mulai dari seni longser, reak, hingga kesenian khas Sumedang yakni Kuda Renggong.

Kepala Dinas Pendidikan Dian Sukmara, Kepala Dinas Pariwisata Nandang Suparman dan Deputi 9 Jawa Barat Kemendikbudristek hadir menyaksikan pagelaran tersebut. Totalnya ada 19 pertunjukan yang dihadirkan, 19 pertunjukan itu digagas oleh 40 seniman dari Sumedang. 

Salah seorang seniman yang ikut andil, Asep Solihin atau yang akrab dipanggil Acol menjelaskan pagelaran tersebut untuk merangsang masyarakat luas agar sadar akan budaya dan terus melestarikan budaya.

"Tujuan pagelaran adalah untuk mengenalkan kepada masyarakat akan pentingnya budaya dan penguatan bahwa kita tidak terlepas dalam unsur budaya. Ketika kita leps dari budaya kita  berubah dan juga untuk merangsang kembali dayatarik budaya untuk generasi muda, di mana budaya kita sudah tergerus oleh budaya moderen," jelas Acol

Selain itu Acol juga mengungkapkan ada beberapa kesenian yang sudah jarang ditampilkan kini ditampilkan kembali oleh para siswa sekolah, selain itu pagelaran juga dilakukan dengan kolaborasi dengan masyarakat Dusun Cijengkol, Desa Cikoneng.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Tobias

    Dec 30, 2023 14:32

    Great blog here! Additionally your site rather a lot up very fast! What web host are you the use of? Can I get your affiliate link in your host? I desire my site loaded up as fast as yours lol

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828