Iket Sunda, Ada Sebuah Makna dan Jenisnya Dari Dulu Hingga Sekarang

Untuk hal yang satu ini, tentu wargi Sumedang pernah memakainya atau setiap hari memakainya, ragam bentuknya sangat indah di kepala, apalagi banyak makna yang terkandung. Ya, iket Sunda. Adapun yang menyebutnya Totopong.

Iket Sunda merupakan salah satu Warisan Budaya Takbenda yang ditetapkan oleh Kemendikbud. Iket Sunda merupakan aksesoris khas daerah yang digunakan di kepala. Iket Sunda juga biasa dikenal dengan Totopong. 

Iket Sunda merupakan suatu kain berbentuk bujur sangkar yang dapat diikat di kepala dengan berbagai bentuk. Iket Sunda biasanya identik dengan pakaian tradisional pria Sunda. Selain untuk busana, Iket Sunda juga memiliki makna dan filosofis yang mendalam di budaya Sunda.

Iket Sunda bukan hanya sekadar kain yang digunakan di kepala, makna iket jauh besar dari hanya sekadar pelindung atau menandakan status sosial. Iket dibentuk dari kain berbentuk bujur sangkar yang memiliki empat sudut, keempat sudut itu memiliki makna sebagai sudut kereteg hate ( kereteg = perasaan atau suara hati yang timbul dengan sendirinya, hate = hati. Kereteg hate diartikan sebagai niat), ucapan (lisan), tingkah (sikap), dan raga(badan). Kemudian kain itu dilipat dua membentuk segitiga sama kaki dengan tiga sudut. Ketiga sudut tersebut mencerminkan tiga azas tritunggal kesetaraan dalam hidup kemasyarakatan yakni triangtu yang terdiri dari resi pemimpin agama, rama (pemimpin rakyat), dan perebu (pemimpin wilayah).

Perkembangan Iket di kalangan muda terus berjalan seiring waktu hingga kini para kaum muda masih terus memakainya, bahkan dengan adanya Rebo Nyunda diharuskan mempergunakan pakaian adat Sunda, diantaranya dengan memakai Iket. 

Iket kini sudah menjadi ikon Sunda dengan berbagai jenis bentuk dan gayanya, ada iket tradisional dan ada pula iket modern yang hanya tinggal memakainya. Keduanya menjadi ciri khas orang Sunda (Jawa Barat) dan penyebarannya hampir di semua kota dan kabupaten di Jawa Barat. 

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Vance

    Oct 16, 2022 16:20

    Wօnderfᥙl post! Ꮃe are linking to this great article on our sitе. Κeep up the great writing.

  • John Doe

    Hassan

    Oct 16, 2022 23:47

    Thank you a buncһ for sharing this with аll folks you really know what you are talking apрroximately! Bookmarкed. Please also disсuss with my weЬsite =). We will have a link alternate contract between us

  • John Doe

    Elane

    Oct 17, 2022 13:45

    It's fantаstic that you are getting ideas from this pieϲe of wгiting as well as from our dialogue made at this time.

  • John Doe

    Leandra

    Oct 25, 2022 04:03

    Hօla! I've been following your site for a long tіme now and finally got the courage to go ahead and give you a shout out fгom Ηuffmɑn Texas! Just wanted to say keeρ up the grеat job!

  • John Doe

    Leopoldo

    Jan 05, 2024 07:28

    Hello! I simply would like to offer you a huge thumbs upp for the great info you have here on this post. I am returning to your sife for more soon.

  • John Doe

    Wilma

    Jan 31, 2024 23:03

    Hello there, I do believe your web site may be having web browser compatibility problems. When I look at your web site in Safari, it looks fine however when opening in I.E., it has some overlapping issues. I just wanted to provide you with a quick head

  • John Doe

    Iesha

    Mar 27, 2024 10:37

    Hi mates, good paragraph aand nice urging commented at this place, I am actually enjoying by these.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828