Istilah-istilah Dalam Pertanian di Sunda (2): Perkakas Tradisional

Bertanam padi di sawah merupakan bagian budaya masyarakat Sunda. Bertanam padi di sawah kaya dengan nilai-nilai budaya tradisional. Kegiatan bertanam padi di sawah melalui tahapan tertentu, mulai dari pengolahan lahan sampai dengan memetik padi.

Kata yang digunakan untuk menampung konsep tahapan tadi tentu banyak. Kata-kata tersebut termasuk kata bidang teknologi pertanian sawah tradisional yang merupakan bagian dari sistem ilmu pengetahuan masyarakat Sunda. Sebagai salah satu kekayaan budaya lokal yang sarat nilai, kata yang memuat konsep tersebut perlu dicatat, didokumenkan, dan diketahui oleh generasi berikutnya sebelum kata-kata tersebut hilang digerus zaman.

Dalam masyarakat yang mengenal pertanian sawah termasuk masyarakat Sunda, bertanam padi di sawah merupakan pekerjaan bersama yang banyak melibatkan orang dengan keahliannya masing- masing. Artinya, bertanam padi di sawah melibatkan hubungan-hubungan sosial tertentu.

Hal ini mencerminkan sistem sosial masyarakat yang ada, yakni sistem kekeluargaan. Di dalamnya, terkandung pula nilai gotong-royong dan kerja keras. Kini nilai-nilai tersebut berubah sesuai dengan berubahnya mata pencarian masyarakat Sunda.

Namun demikian, nilai-nilai sosial yang baik yang mencerminkan karakter masyarakat Sunda perlu tetap dilestarikan dan diperkenalkan kepada generasi berikutnya. Teknologi pertanian sawah tradisional masyarakat Sunda menarik untuk dibicarakan.

Dengan makin majunya ilmu pengetahuan dan teknologi yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial yang begitu pesat, tidak terkecuali di perdesaan, masyarakat yang bermata pencarian bertani semakin hari semakin berkurang. Hal ini pun sejalan dengan makin menyempitnya lahan pertanian sawah.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Maryjo

    Jun 18, 2023 19:15

    Grеetings! I know this is kinda off topic but I was wondering which blog platform are you using for this website? I'm getting sick and tired of Wordpress because I've had problems with hackers and I'm looking at options for another platform. I woᥙld be

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828