Istilah-istilah Menangkap Ikan di Sunda

Menangkap ikan merupakan kegiatan yang bisa disebut sebagai pekerjaan, hobi, olahraga atau kegiatan di pinggir atau di tengah danau, laut, sungai dan perairan lainnya. Kalau di Sumedang tentunya banyak banget yah, wargi Sumedang suka di mana? Biasanya hasil tangkapan dari aktivitas tersebut dapat digunakan sebagai konsumsi makanan sehari-hari atau hanya untuk kesenangan lalu dilepaskan.

Tradisi menangkap ikan sudah dilakukan sejak dulu kala oleh masyarakat Sunda yang tinggal disekitar aliran sungai bagian dari Kearifan Budaya Lokal. Cara menangkap ikan dengan tangan kosong atau menggunakan alat sederhana adalah pilihan sadar dan bukan berarti masyarakat Sunda tidak mengenal teknologi.

Ada beberapa istilah menangkap ikan dengan tangan kosong, seperti marak, ngagogo atau kokodok. Sedangkan bila menggunakan alat antara lain disebut kecrik, heurap, bubu, badodon dan nyirip. Alat-alat itu terbuat dari bambu, kain, atau tali nilon.

Untuk lebih dekat dengan tradisi menangkap ikan oleh masyarakat Sunda. Marak sebutan menangkap ikan menggunakan tangan dengan cara beramai-ramai. Caranya, aliran sungai dibendung dengan bambu dan tanah. Bagian yang sudah dibendung dinamakan “kombongan”. Air di bagian yang dibendung kemudian dikuras bersama-sama hingga surut. Ikan kemudian ditangkap beramai-ramai. Ikan hasil tangkapan dikumpulkan bersama-sama. Ikan yang terkumpul selanjutnya dibagi secara merata kepada setiap orang yang terlibat sejak membendung, menguras, hingga menangkapi ikan. Bentuk gotong-royong yang unik.

Satu lagi yang menggunakan tangan, Kokodok atau ngagogo adalah istilah menangkap ikan dengan tangan kosong seorang diri. Biasanya dilakukan di sungai-sungai dangkal dengan merogoh lubang yang diduga tempat tinggal ikan dan menangkap ikan di dalamnya. Akan tetapi harus hati-hati yah.

Adapun aktivitas menangkap ikan dengan menggunakan alat yakni Ngecrik, adalah istilah menangkap ikan dengan menggunakan jala kecil yang terbuat dari anyaman benang nilon. Seperti pada gambar di atas yah. Ngecrik biasanya dilakukan di sungai yang mulai surut atau dangkal juga atau dapat dilakukan dipinggir sungai. 

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828