Istilah Jenis-jenis Ketawa dalam bahasa Sunda

Istilah di Sunda tentunya banyak sekali yah warga Sumedang dalam satu istilah di bahasa Indonesia tentunya kalau di Sunda banyak lagi istilahnya, seperti “Seuri” dalam bahasa Indonesia ketawa. Seuri sendiri merujuk kepada orang yang tertawa.

Akan tetapi di Sunda ada pembagian tawa berdasarkan cara orang tertawa. Tentunya wargi Sumedang juga kerap melakukannya. Ingat jangan seuseurian di jalan sorangan yah! Hehe.

Nah, berikut adalah jenis-jenis ketawa dalam bahasa Sunda berdasarkan pembagian tersebut:

- Barakatak: tertawa dengan suara nyaring, saking kerasnya suara tawa bisa mengagetkan orang di sekitarnya, durasi waktu orang yang ketawa barakatak cenderung sebentar. Karena durasi waktunya sebentar, biasanya suara tawa barakatak jauh lebih nyaring. 

- Nyakakak: ketawa yang ditandai dengan suara tawa yang nyaring dan durasi waktu yang cukup lama. Dalam bahasa gaul sehari-hari, nyakakak biasa juga disebut ngakak. Bila diartikan dalam bahasa indonesia artinya tertawa terbahak-bahak. 

- Ceuleukeutek: ketawa dengan suara yang pelan dan durasi waktu sebentar. 

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Eleanor

    Apr 09, 2024 07:06

    I must thank үou for the efforts you have рut in penning this bloց. I am һoping to cһeck out the same high-grade blog posts from you in the future as well. In fact, youг creative writing abilities has motivated me to get my own, personal bloց now ;)

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828