Jembatan Gantung di Desa Karedok Menjadi Spot Foto Baru di Sumedang

Jembatan gantung menjadi daya tarik bagi pengunjung wisata ke Desa Karedok, Kecamatan Jatigede. Jembatan yang berada di atas Sungai Cimanuk dan memiliki panjang sekitar 150 meter tersebut merupakan akses masuk ke wilayah Desa Karedok. Dibangun menggantikan jembatan gantung lama oleh pemerintah daerah.

Menurut sumber Pemkab Sumedang, Kepala Desa Karedok Waluyo mengatakan, wisata menjadi salah satu Pendapatan Asli Daerah (PAD) Desa Karedok. "Untuk pengembangan Desa karedok salah satunya dari PAD. PAD kami ini salah satunya masuknya dari wisata," katanya.

Kades menggambarkan, sejumlah potensi yang bisa dijadikan pemasukan di Desa Karedok di antaranya wisata di pinggir Sungai Cimanuk, Bendungan Karedok, even-even tradisi, makam keramat, hingga jembatan gantung. "Kami akan menyiapkan paket wisata, ada wisata biasa, wisata religi, dan ada event wisata, seperti tradisi Ngarot yang digelar dalam rangka Milangkala Desa Karedok. Ke depannya akan seperti itu," ujarnya.

Desa Karedok dikenal dengan wilayah yang sulit dijangkau karena tofografi yang sulit. Warganya pun juga dikenal minim sosialisasi karena keterbatasan akses wilayah. Namun kini dengan keberadaan Jembatan Karedok yang baru, telah sangat berdampak positif bagi mobilitas masyarakat. Jembatan tersebut memudahkan akses orang dan barang masuk-keluar ke Karedok. 

Kepala Desa Karedok, Waluyo mengatakan, adanya Jembatan Karedok yang representatif itu membuat masyarakat desa mau pun pengguna lainnya merasa nyaman.

"Dengan adanya jembatan gantung yang baru ini alhamdulilah masyarakat Desa Karedok tidak cemas lagi. Karena jembatan yang lama itu dibangun seadanya, murni dari tenaga kerja masyarakat Desa Karedok," kata Waluyo, yang juga tim teknis pembangunan jembatan yang lama.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828