Kampung Cigumentong, Kampung Terpencil di Sumedang dan Beberapa Tradisinya

Seperti ditulis dalam buku Bijblad Op Het Staatsblad Van Nederlandsch Indie tahun 1940. Dalam buku itu dibahas soal batas wilayah antara Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Garut. Tiga kampung tercantum di sana diantaranya Kampung Cigumentong, Cimulu dan Pangeureunan.

Wargi Sumedang ada yang pernah ke Kampung Cigumentong? Kampung Cigumentong merupakan salah satu perkampungan terpencil di Kabupaten Sumedang. Perkampungan ini berada di tengah-tengah hutan konservasi Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi.

Secara administratif, kampung Cigumentong yang berada di dekat perbatasan antara Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut ini, masuk di Wilayah Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Kampung Cigumentong sendiri saat ini dihuni oleh 16 KK atau 65 jiwa dengan jumlah bangunan rumah ada 20 unit. Kampung Cigumentong memiliki luas lahan sekitar 33 hektar. Dari luas itu, 6 hektar untuk pemukiman sementara sisanya untuk perkebunan.

Kampung Cigumentong sudah berdiri sejak lama. Bahkan dokumen dan surat kabar masa kolonial Belanda mencatatkan akan keberadaan Kampung Cigumentong.

Jai Suryana mengatakan, kampung Cigumentong dahulunya merupakan salah satu posko bagi kerajaan Sumedang Larang. Namun, seiring waktu pada akhirnya menjadi sebuah pemukiman.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Efrain

    Nov 15, 2022 06:33

    I lovеd as much as yoս'll гeceive carried out right here. The sketch is attrаctive, your authored subject matter stylish. nonetheless, you command get bought an nervousness over that you wish be ԁelivering the following. unwell unquestіonably come fur

  • John Doe

    Fredrick

    Mar 31, 2024 20:56

    7 Simple Changes That Will Make An Enormous Difference To Your Top Pornstar Only Fans Videos

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828