Karaton Sumedang Larang: Perjalanan Kirab dari Ciamis Lanjut Kota Bogor Selama Dua Hari

Kirab Panji dan Kirab Mahkota Kemaharajaan Sunda oleh Karaton Sumedang Larang,  setelah perjalanan dari Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Ciamis, dilanjut ke Kota Bogor selama dua hari 18-19 April 2024. Seperti yang sudah dijelaskan mimin sebelumnya, kegiatan tersebut dalam rangka milangkala Sumedang ke-446.

Mahkota Binokasih Sanghyang Pake tiba di Balaikota Bogor, pada hari Kamis 18 April 2024 diserahakn kepada Wali Kota Bogor, Bima Arya lalu diarak menuju gedung Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor. Rangkaian kegiatan diisi lalu diadakan saresehan budaya, pameran pusaka nusantara, dan pameran peradaban Islam.

Ada juga sarasehan untuk pelajar, hal tersebut untuk memberikan edukasi tentang Mahkota Binokasih Sanghyang Pake kepada para pelajar.

Menurut Radya Anom Karaton Sumedang Larang Rd. Luky Djohari Soemawilaga, "Kita tahu bahwa mahkota tersebut memiliki sejarah yang kaya dan merupakan simbol penting dari warisan budaya Sunda. Kehadiran mahkota di Kota Bogor tidak hanya memperkaya acara tersebut tetapi juga memperkuat hubungan antara masyarakat di wilayah Jawa Barat." Ujarnya.

Kegiatan di Kota Bogor tentunya dihadiri langsung oleh Wali Kota Bogor Bima Arya, Sekretaris Daerah Kota Bogor, TNI, POLRI dan sejumlah tokoh masyarakat.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, "Mahkota Binokasih merupakan simbol keagungan Pajajaran yang perlu dilindungi dan dijaga oleh setiap orang sebagai ahli warisnya. Kisah Kerajaan Pajajaran merupakan kisah para agen besar dalam kejayaan rakyatnya. Kepemimpinan Prabu Siliwangi merupakan kepemimpinan yang membimbing seluruh rakyat. Pemimpin yang sayang rakyatnya, rakyat yang menghormati pemimpinnya, warga negara yang saling menghargai." Ujarnya.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828