Karinding (1): Mengenal Alat Musik Tradisional Sunda Bernama Karinding

Alat musik Sunda yang kecil satu ini, tentunya wargi Sumedang pernah melihat atau memainkannya dong, apalagi dimainkan di sawah, akan lebih mantap lagi tuh. Alat musik khas Sunda ini namanya karinding.

Karinding sudah cukup terkenal di Indonesia, dengan banyaknya grup-grup musik karinding hingga sekarang. Di Sumedang juga tentunya masih banyak yang melestarikan dan grup-grup musik karinding.

Pada kesempatan ini, mimin akan membagikan serangkaian informasi mengenai Karinding. Karinding merupakan alat musik khas Sunda yang terbuat dari bilahan bambu kecil atau pelepah daun enau, yang dimana untuk menghasilkan bunyi dengung kita harus memanfaatkan resonator rongga mulut.

Adapun bentuknya, karinding memiliki bentuk yang memanjang, dengan ukuran panjang sekitar 15 – 20 sentimeter, dengan ukuran lebar sekitar 1 – 2 sentimeter.

Di Sumedang sendiri ada tokoh pelopor karinding, dilansir dari budaya-indonesia.org: Seperti halnya di daerah Parakan Muncang terdapat seorang tokoh yang bernama Bah Olot. Bah Olot adalah seorang putra dari Entang Sumarna yang merupakan seorang tokoh yang melestarikan karinding hingga diteruskan oleh putranya yaitu Bah Olot. Bah Olot juga mengartikan secara etimologis bahwa karinding memiliki makna yang berarti alat musik pertama di Jawa Barat. Sebagai pewaris karinding di Parakan Muncang, Bah Olot juga selalu mengadakan workshop atau pagelaran kesenian di Jawa Barat dan sekitarnya. 

Menurut penuturan pelaku kesenian karinding secara konvensional, nada atau pirigan dalam memainkan alat musik khas Sunda ini Karinding terbagi menjadi 4 jenis, yang diantaranya yaitu: Gogondangan, Tonggeret, Iring-iringan, Rereogan.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Alejandrina

    Dec 12, 2022 20:05

    Ꮐoⲟd way of telling, and pleasant piece of writing to obtaіn information on the topic of my presentatіon topic, whicһ i am going to cοnvey in school.

  • John Doe

    Steffen

    Dec 20, 2022 12:27

    Fantastic bloɡ! Ɗo you have any sսggestions for aspiring writers? Ӏ'm hoping to start my own websіte soon but I'm a little lost on everything. Would you sսggest starting with a free platform like Wordpress or go for a ρаid option? There are so many c

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828