Kegagahan Pedang Ki Mastak Milik Prabu Tajimalela

Tentunya keren sekali untuk dibahas nih wargi Sumedang salah satu senjata yang ada di Gedung Pusaka Keraton Sumedang Larang, senjata tersebut bernama Ki Mastak. Ki Mastak ialah pedang milik Prabu Agung Resi Cakrabuana (Prabu Tajimalela). Tentunya wargi Sumedang juga tahu, bahwa Prabu Tajimalela ialah raja Tembong Agung, yang lokasinya di Leuwihideung - Darmaraja.

Bisa dibilang tidak seperti raja-raja di Pulau Jawa pada umumnya, bila kebanyakan raja-raja di Pulau Jawa itu senjatanya berupa keris, atau bahkan kujang bagi raja di tatar Sunda, Prabu Tajimalela ini, senjatanya justru berupa pedang.Wah makin tahu Indonesia.

Dilansir dari virtual.sumedangkab.go.id Pusaka ini terbuat dari emas murni lengkap dengan warangka/sarung pedang. Terpancar kegagahan, kharismatik dan wibawa dari sang pemiliknya. 

Pedang Ki Mastak memiliki cerita, bahwa pedang pusaka ini mampu membuat musuh gentar dan menyerah. Sampai sekarang Pedang Ki Mastak ini memiliki aura dan kekuatan magis seperti seperti pemiliknya Prabu Taji Malela, yang mengucapkan INSUN MEDAL, INSUN MADANGAN.

Pedang Ki Mastak memiliki ciri yang mirip dengan pedang-pedang dari Timur Tengah terutama kerajaan Persia. Bentuk, ukiran, dan warangkanya, ada kesamaan dengan Pedang-pedang Timur Tengah. 

Dalam cerita Layang Darmaraja, Pedang Ki Mastak dipergunakan untuk membelah kelapa ketika sayembara untuk suksesi terhadap kedua putranya Prabu Lembu Agung dan Prabu Gajah Agung. Termasuk salah satu ikon pusaka di Keraton Sumedang Larang yang tersimpan di gedung Pusaka keraton Sumedang Larang. 

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Felicitas

    Oct 21, 2023 08:33

    I have read a feԝ good stuff here. Definitely worth bookmarking for rеѵisiting. I surprise how much attempt you place to creatе such a maɡnificent informative web site.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828