Kegiatan Mieling Poe Basa Indung Sadunya di SD Negeri Santaka

Dalam rangka hari Bahasa Ibu Sedunia 2023, SD Negeri Santaka Desa Mangunaraga Kecamatan Cimanggung, menggelar kegiatan Sapoe Nyunda, pada hari Selasa, 21 Februari 2023. Wah menarik sekali yah. 

Oiya, untuk Hari Bahasa Ibu Sedunia ini, karena kita berada di tanah Sunda, jadi menyebutnya Mieling Poe Basa Indung. Menyingkap sejarah dan makna Hari Bahasa Ibu Sedunia, pentingnya menyadari keberagaman budaya serta bahasa.

Hari Bahasa Ibu Sedunia diperingati setiap 21 Februari. Bahasa ibu adalah bahasa pertama yang dikuasai manusia sejak lahir melalui interaksi dengan sesama anggota masyarakat bahasanya, seperti keluarga dan masyarakat lingkungannya. Peringatan tersebut ditetapkan UNESCO pada 17 November 1999.

Nah, di SD Negeri Santaka ini, dalam memperingati hari Bahasa Ibu Sedunia ini, mengadakan kegiatan Sapoe Nyunda, mendekatkan kembali kepada para siswa tentang kebiasaan orang Sunda zaman dulu. 

Siswa dan guru, memakai baju khas Sunda, sarapan sehat bersama, dengan bekal nasi timbel. Selain itu juga ada saling tukar makanan khas daerah Santaka, seperti cireng, comro, kicimpring, tape ketan hitam, tape singkonh,  kusiwel, dan getuk.

Menurut Kepala Sekolah SD Negeri Santaka, Mimin Rusmiati, "dengan adanya kegiatan ini, bisa mengenalkan kembali kepada anak-anak untuk tetap mengenal budayanya, terutama bahasa sunda, agar tetap terus dipakai dari generasi terus menerus dan harus bangga dengan bahasa ibu, yaitu bahasa Sunda." Katanya.

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828