Kini Jembatan Cisaarlanang Sudah Bisa Dipakai Kembali

Jembatan Cisaarlanang di Dusun Cibengkung, Jembarwangi kini lebih lebar. Jembatan yang menghubungkan Desa Darmawangi dengan Jembarwangi dan tembus ke Desa Cintajaya, Jatigede ini sebelumnya hanya bisa dilalui satu mobil saja. Tiga tahun lalu jembatan ini rusak akibat tergerus aliran sungai yang menjadi batas alat Desa Jembarwangi dan Darmawangi.

Jembatan Cisaarlanang merupakan urat nadinya perekonomian masyarakat. Jembatan tersebut merupakan jembatan penghubung Desa Jembarwangi dan Desa Darmawangi serta akses satu-satunya yang dipergunakan oleh warga masyarakat.

Jembatan tersebut dibangun pada Tahun 2001 namun kondisinya rusak dan dibangun kembali di Tahun 2006, namun ambruk. Dari tahun 2022 dibangun kembali dengan bangunan yang kokoh berdiri melintangi Sungai Cisaar Landeuh. Awalnya lebar hanya 3 meter, sekarang lebarnya jadi 7 meter.

Bupati Dony Ahmad Munir meresmikan jembatan Cisaar Lanang di Desa Jembarwangi Kecamatan Tomo, Senin (30/1/2023).  Jembatan Cisaar Lanang telah selesai diperbaiki pada akhir Desember 2022.  "Saya bersyukur, berbahagia, apa yang jadi aspirasi masyarakat terutama desa Jembarwangi, Darmawangi, lalu ke sananya Lebaksiuh, Kadu, Cintajaya (Kecamatan Jatigede) mengharapkan jembatan Cisaar Lanang bisa diperbaiki secara permanen. Alhamdulillah apa yang diharapkan masyarakat sudah terwujud, jembatan permanen, lebar, dibangun cukup modern, cukup kuat," kata bupati.

Dengan jembatan yang baik ini, kata bupati, akan mempermudah arus orang dan barang. Ia menggambarkan, jembatan tersebut menjadi akses utama masyarakat pergi ke sekolah, bekerja, ke fasilitas kesehatan, berusaha, dan mengangkut hasil bumi. "Saya melihat langsung bagaimana kebahagiaan masyarakat mendapatkan jembatan ini. Ada yang sujud syukur juga di jembatan. Ini sebuah harapan masyarakat yang bisa terpenuhi. Dulu kalau kemarau masyarakat lewat bawah (menyebrangi sungai), sekarang tidak lagi" katanya.

Lebih jauhnya dikatakan, setelah diperbaiki, jembatan Cisaar Lanang sekarang lebih lebar dari sebelumnya. Ia pun berterima kasih kepada semua pihak yang merelakan tanahnya untuk pelebaran jembatan. "Jembatan ini diperbaiki dari dana Banprov . Saya titip supaya dipelihara dengan baik jembatan ini. Terimakasih kepada masyarakat yang merelakan tanahnya, serta perusahaan yang sudah mau alat beratnya dipakai membantu membangun jembatan ini," katanya.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828