Kirab Panji dan Mahkota Digelar Kembali Tahun Ini

Akhirnya kegiatan rutin ini digelar kembali, setelah dua tahun tidak digelar karena pandemi. Tentunya wargi Sumedang sudah rindu juga kan ya, melihat rombongan membawa panji, mahkota Bhinokasih, adapun kereta Naga Paksi dan beberapa rombongan berkuda lainnya. Kegiatan tersebut bernama Kirab Panji dan Mahkota Karaton Sumedang Larang. 

Kegiatan tersebut, merupakan sebuah tradisi perjalanan napak tilas leluhur Sumedang dari Kerajaan Tembong Agung di Darmaraja ke Himbar Buana yang kemudian menjadi Sumedang Larang.

Prosesi Kirab Panji dan Mahkota, diikuti oleh ratusan peserta. Terdiri dari 7 Umpak Mandala Raja Keraton Sumedang Larang, Bupati Sumedang, unsur muspida serta tamu undangan. Begitu juga semua paguyuban budaya dan padepokan pencak silat serta rurukan adat yang ada di Kabupaten Sumedang.

Pada tahun ini, 2022 kegiatan tersebut digelar pada tanggal 15-16 Mei 2022 masih dalam rangka peringatan Hari jadi Sumedang yang tahun ini menginjak usia ke 444 tahun. Napak tilas ini dilakukan sebagai upaya rekontruksi sejarah dalam proses pewarisan kepada generasi penerus Sumedang. 

Kirab Panji tersebut, diisi dengan prosesi serah terima Panji Keraton Sumedang Larang. Hal tersebut dilakukan secara estafet, di setiap kantor kecamatan yang dilalui.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Antje

    Jun 27, 2022 03:24

    Appreϲiate this pοst. Let me try it out.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828