Lato-lato Atau Nok-nok Ramai Kembali Dimainkan

Cung siapa yang main lato-lato atau nok-nok?Tentunya di Sumedang pun muncul dan ramai kembali mainan tersebut, kebanyakan anak-anak yang memainkan mainan tersebut, bahkan kemarin-kemarin Presiden Jokowi dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun ikut menjajal mainan tersebut. Aksi keduanya saat main lato-lato diunggah oleh Kang Emil di akun Instagram pribadinya.

Dulu, lato-lato sempat populer di Indonesia pada tahun 1990-an hingga awal 2000-an. Kini, mainan itu kembali digemari masyarakat. Lato-lato terdiri dari dua bandulan berat yang terbuat dari plastik dan digantung menyambung dengan sebuah dengan panjang kira-kira satu meter.

Harga lato-lato pun sangat beragam, karena jenisnya juga macam-macam, ada yang sudah dimodifikasi dengan warna dan bentuk berbeda. Ada yang harganya Rp13 ribu hingga Rp20 ribu. Nah, mimin akan kasih tahu juga nih, dari mana sih lato-lato tersebut?

Lato-lato bukan mainan asli Indonesia loh! Permainan ini banyak dikenal di negara-negara lain dengan nama berbeda. Di Indonesia, mainan ini disebut juga nok-nok karena mengeluarkan bunyi 'nok nok nok' ketika dimainkan.

Di Argentina, lato-lato adalah sebuah senjata berburu khas Argentina. Namanya Bolas atau Boleadoras. Para Gauchos (koboi Argentina) memakainya untuk berburu hewan. Lato-lato itu diikat ke tali dan dilemparkan ke sasaran. Seiring perkembangan zaman, lato-lato digunakan untuk melatih koordinasi tangan dan mata anak.

Di luar negeri, lato-lato disebut sebagai Clackers, Ker-Bangers, Katto-Katto, dan banyak nama lainnya. Awalnya, lato-lato tidak terbuat dari plastik melainkan kaca yang pada akhirnya akan pecah. Pada awal 1970-an, pabrikan mengubahnya menjadi bola plastik yang digantung di setiap tali. Versi lato-lato yang didesain ulang terjadi di tahun 1990-an. Desain baru menggunakan plastik modern yang tidak akan pecah.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828