Literasi Spiritual dalam Sisdiknas Menurut Kepala Pendidikan Kabupaten Sumedang

Ilmu pengetahuan dan teknologi (science and technologi) tidak saja dianggap gagal dalam menyelesaikan berbagai persoalan hidup manusia, namun juga menambah persoalan-persoalan baru dalam bentuk hilangnya pegangan moral dan orientasi makna hidup (the meaning of life).

Aturan dan norma yang tidak lagi diindahkan, ternyata menjadikan manusia sebagai makhluk yang telah kehilangan arah tanpa pegangan, ibarat kapal kemudian diombang ambingkan oleh ganasnya ombak kehidupan. Hubungan antar personal hanya dinilai dengan material, sehingga hubungan sosial kemasyarakatan menjadi gersang dan kering kerontang karena kehilangan seni, rasa persaudaraan dan kasih sayang. Akibatnya manusia banyak mengalami kegalauan dan kesemrawutan hidup, sehingga hidup seakan-akan sendiri di tengah keramaian dan mengalami keterasingan (alienasi) di tengah masyarakatnya sendiri.

Hal inilah, melatarbelakangi sekaligus mencermati kekhawatiran generasi bangsa, melalui enguatan literasi spiritual. Pengarusutamaan literasi spiritual dalam tubuh pendidikan sudah menjadi amanat UUD 1945 yang termaktub di dalam dua pasal sekaligus. Pertama, pada pasal 31 ayat 3 (1945, 2002, p. 155), yang menyebutkan bahwa: “Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang.” 

Payung hukum kedua untuk pengarusutamaan literasi spiritual di dalam pendidikan tertuang pada pasal 31 ayat 5, yang menyebutkan bahwa: “Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia.” 

Dua janji negara yang harus tertunai tersebut menjadi bukti riil bahwa di Indonesia, adalah suatu kewajiban bagi lembaga penyelenggara pendidikan baik negeri maupun swasta untuk dapat membangun alur pembelajaran yang dapat melahirkan manusia-manusia yang melek literasi spiritual maupun intelektual sekaligus dalam satu waktu yang nyaris bersamaan.

Model konseptual dalam kaitannya dengan pengembangan spiritual meyakini bahwa perkembangan spiritual merupakan bagian utuh dari rangkaian keterlaksanaan proses yang interaktif dan dinamis, meliputi kesadaran dan pencerahan, rasa saling berhubungan, dan cara hidup dari seseorang. Adapun dimensi lainnya yang disarankan dalam pengembangan spiritualitas yang idealis adalah dimensi fisik, emosional, dan sosial.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Jim

    Apr 03, 2024 09:05

    Itѕ such as ʏou learn my mind! You seem to undeгstand so much about this, like you wrote the e book in it or ѕomething. I believe that you simply ⅽould do with some % to drive the message hߋuse a little bit, but instead of that, this is magnifiϲent ƅlo

  • John Doe

    Miguel

    Apr 05, 2024 11:32

    Hey there! Sߋmeone in my Facebook group shared this website with us so I came to give it a loоҝ. I'm definitely loᴠing the information. I'm book-marking and will be tweeting this to my folⅼowers! Outstanding blog and superb desiցn and styⅼe.

  • John Doe

    Torsten

    Apr 07, 2024 08:18

    Тhis is verу fаscinating, You are an excessively skilled bloցger. I've joined your feed and sit up fⲟr searching for more of your great post. Additionally, I have shared your web site in my social networks

  • John Doe

    Moises

    Apr 17, 2024 06:37

    Askіng questions are realⅼy nice thing if you are not understanding something fullʏ, ƅut this paragгaph gives nice understanding yet.

  • John Doe

    Sherri

    Apr 17, 2024 23:42

    Ηello, I think your site might be having internet browser compatibility issues. Whеnever I take a l᧐ok at youг blog in Safari, it looks fine however, if opening in Internet Explorer, it hаs some overlapping іssᥙes. I simply wanted tⲟ give you a quіck

  • John Doe

    Jerold

    Apr 27, 2024 10:23

    It's remarkable for me to have a wеb page, which is heⅼpful in favor of my experience. thanks ɑdmin

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828