Memaknai Hari Kartini Tidak Melulu Tentang Kebaya

Tentunya wargi Sumedang sudah pada tahu dong bahwa setiap tanggal 21 April diperingati dengan Hari Kartini. Nah akan tetapi kali ini mimin akan ada pembahasan seru nih tentang Hari Kartini.

Hari Kartini ditetapkan saat pemerintahan Presiden Sukarno melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964.

Keppres tersebut menetapkan sosok Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional, sekaligus menetapkan tanggal 21 April (yakni hari lahir Kartini) untuk diperingati sebagai hari besar yakni Hari Kartini.

Kartini, sosok perempuan subversif

Kartini adalah sosok pejuang hak-hak perempuan. Ia terkenal melalui kumpulan-kumpulan surat yang ditujukan kepada sahabat penanya yang menguraikan pemikiran tentang berbagai masalah yang dihadapi perempuan di Jawa. Contohnya yaitu pentingnya pendidikan untuk anak perempuan; tradisi feodal yang menjerat perempuan, pernikahan paksa dan poligami, dan sebagainya.

Setelah Kartini wafat, surat-suratnya tersebut kemudian dikumpulkan dan diterbitkan menjadi sebuah buku berbahasa Belanda berjudul Door Duisternis tot Licht atau Habis Gelap Terbitlah Terang.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828