Mengenal Kesenian Tradisional Rengkong

Mensyukuri hasil panen yang melimpah pada masyarakat agaris dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya diwariskan leluhur masyarakat Sunda lewat kesenian rengkong. 

Sudah pada tahu wargi Sumedang kesenian rengkong? Di Sumedang, daerah Rancakalong misalnya yang kerap menggunakan kesenian rengkong ketika ada helaran upacara adat, seperti pembukaan upacara ngalaksa, mapag ibu. Kita masih bisa melihat pertunjukan rengkong. Suaranya sangat unik sekali loh. Wah makin tahu Indonesia.

Rengkong merupakan kesenian asli Sunda yang lahir dari budaya masyarakatnya yang terkenal agraris. Sejak dahulu, berbagai varietas padi unggulan banyak dihasilkan dari bumi Parahyangan ini. Tak dapat dipungkiri, Jawa Barat menjadi “lumbung padi” bagi masyarakat nusantara, khususnya di Pulau Jawa. Kehidupan agraris inilah yang kemudian menghasilkan berbagai kesenian tradisi, seperti kesenian Rengkong.

Nama Rengkong sendiri, diambil dari nama alat yang dahulu digunakan untuk memanggul beras. Rengkong terbuat dari bambu jenis gombong yang saat itu banyak ditemukan di Jawa Barat. Bambu yang panjangnya sekitar dua meter tersebut kemudian dikaitkan dengan tali injuk yang sudah diikatkan setandan beras. 

Layaknya mengangkut padi, rengkong dimainkan dengan cara meletakkan pikulan (awi gombong) yang memuat padi pada bahu pemikul (pemain). Si pemikul mengayunkan ke kiri dan kanan dengan teratur mengikuti irama musik. Tali ijuk yang memuat padi dan menggantung pada pikulan pun berayun-ayun atau bergoyang seraya berbunyi. Jika didengar saksama seperti suara katak bersahutan.

Nah, dari situlah bambu akan menghasilkan suara yang unik, yaitu hasil dari pergesekan tali injuk dengan bambu. Suara tersebut akan terdengar menarik dan meriah jika rengkong yang dimainkan lebih dari satu. Yap, biasanya lebih dari satu dan sambil berjalan, selain itu juga biasanya diiringi alat musik lainnya seperti dog-dog, angklung.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    ezeyuohexia

    Mar 18, 2023 20:19

    <a href=http://slkjfdf.net/>Uliici</a> <a href="http://slkjfdf.net/">Omulak</a> aqk.sztm.inimahsumedang.com.jlz.tl http://slkjfdf.net/

  • John Doe

    edisolhifoba

    Mar 18, 2023 20:41

    <a href=http://slkjfdf.net/>Abjipuwud</a> <a href="http://slkjfdf.net/">Arsumu</a> dkw.retr.inimahsumedang.com.lvb.wd http://slkjfdf.net/

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828