Mengenal Kesenian Unik Dari Bambu Bernama SONGAH

Salah satu kesenian yang menarik, dari kesenian-kesenian yang terdapat di Kabupaten Sumedang adalah Kesenian Songah yang memiliki komposisi musik sederhana dan menggunakan instrumen yang terbuat dari alam yang berada di Kabupaten Sumedang. 

Musik songah (songsong Citengah) merupakan kesenian tradisional masyarakat Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang yang pada awalnya memanfaatkan kekayaan alam akan banyaknya tumbuhan bambu yang tumbuh di daerah tersebut.

Bambu dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan mulai dari kebutuhan rumah tangga sampai dengan kebutuhan pemuasan rasa estetis. Kata songah berasal dari kata (songsong Citengah), songsong merupakan alat yang terbuat dari bambu dan berfungsi untuk menyalakan api di dalam tungku.

Ada berbagai jenis alat musik Songah. Songsong Gong atau Songsong Buyut, Songsong Kendang yang dibuat dari bambu tamiang. Songsong Kendang memiliki panjang sekitar 75 cm dengan diameter 4 cm. Hatong. Sama seperti Songsong Kendang, Hatong juga terbuat dari bambu tamiang. Hatong mulanya berfungsi untuk memanggil burung. Alat musik ini memiliki bermacam ukuran. Berikutnya, ada Kokoprak dan yang terakhir, ada suling.

Cara memainkan alat musik songah yaitu dengan cara ditiup, sama seperti halnya alat musik khas suku aborigin, yaitu didgeridoo. Alat-alat untuk keperluan musik songah ini terbuat dari awi tamiang. Awi tamiang merupakan bambu yang memang sering digunakan untuk membuat berbagai jenis alat musik tradisional. 

Kesenian ini biasanya dimainkan oleh anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua. Pada awalnya kesenian ini hanya berbentuk helaran atau festival saja, namun seiring berjalannya waktu, kesenian songah ini juga digunakan dalam acara ngaruat lembur atau hajat lembur, sebagai hiburan dan lainnya.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Deneen

    Apr 03, 2023 00:48

    Excellеnt poѕt. I will be experiencing many of these issues as well..

  • John Doe

    Gia

    May 11, 2023 05:18

    After goіng over а handful of the blog posts on your web site, I seriously like your wɑy of blogging. I book markеd it to my bookmark website list and will be chеcking bɑck in the near future. Please check out mу web site аs well and let mе know what y

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828