Mengenal Tentang 10 Objek Pemajuan Kebudayaan

Indonesia dengan ragam budayanya, masih banyak sekali yang harus terdokumentasikan. Begitu juga dengan Kabupaten Sumedang, sebagai Sumedang Puseur Budaya Sunda. Nah wargi Sumedang harus tahu juga nih tentang 10 Objek Pemajuan Kebudayaan.

Berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan adalah tindakan yang dilakukan terhadap objek pemajuan kebudayaan yakni inventarisasi, pengamanan, pemeliharaan, dan penyelamatan. Setiap warga negara dapat berperan aktif dalam pemajuan kebudayaan. 

Tuh, setiap warga negara dapat berperan aktif dalam pemajuan kebudayaan. Baik nih, mimin akan bahas apa saja sih 10 Objek Pemajuan Kebudayaan:
 
1. Tradisi Lisan

Tradisi Lisan adalah tuturan yang diwariskan secara turun-temurun oleh masyarakat, seperti sejarah lisan, dongeng, rapalan, pantun, cerita rakyat, atau ekspresi lisan lainnya. Contoh cerita rakyat antara lain Malin Kundang dari Sumatera Barat, Tangkuban Perahu dari Jawa Barat, dan Legenda Si Kembar Sawerigading dan Tenriyabeng dari Sulawesi Barat.
 
2. Manuskrip

Manuskrip adalah naskah beserta segala informasi yang terkandung di dalamnya, yang memiliki nilai budaya dan sejarah, seperti serat, babad, kitab, dan catatan lokal lainnya. Contoh babad antara lain Babad Tanah Jawi yang menceritakan cikal-bakal kerajaan-kerajaan di Jawa beserta mitosnya. Contoh serat antara lain Serat Dewabuda, yang merupakan naskah agama yang menyebutkan hal-hal yang khas ajaran Buddha.
 
3. Adat Istiadat

Adat Istiadat adalah kebiasaan yang didasarkan pada nilai tertentu dan dilakukan oleh kelompok masyarakat secara terus-menerus dan diwariskan pada generasi berikutnya, antara lain, tata kelola lingkungan dan tata cara penyelesaian sengketa.
 
4. Permainan Rakyat

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Wilson

    Sep 11, 2022 17:09

    I d᧐ not even know the way I finished up гight here, however I beⅼieved this post was great. I do not recognise who you're but definitely you are goіng to a welⅼ-known blogger when ʏou aren't alreaԀy. Cһeers!

  • John Doe

    Wally

    Sep 11, 2022 19:34

    It's not my fіrst time to go to see this web site, i am bгowsing this wеbsite dailly and obtain nice facts from here all the time.

  • John Doe

    Betsey

    Sep 22, 2022 02:18

    Hi every one, here every рerson is ѕharing these kinds of familiaгity, thus it's fastidiοus to read this webl᧐g, and I used to visit thіs webpage every day.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828