Mengenal Tentang Naskah Bujangga Manik

Jika wargi Sumedang searching di google dengan kata kunci Bujangga Manik akan muncul sekitar 46.700 hasil. Hal ini menunjukkan naskah tersebut menjadi bahan perbincangan yang menarik di kalangan masyarakat. Mungkin wargi Sumedang juga pernah mendengar tentang Bujangga Manik.

Foto di atas adalah kropak penyimpanan naskah asli daun lontar “Perjalanan Bujangga Manik” dengan kode Kropak Ms Jav b3(R). Bujangga Manik hidup dalam abad ke XV.

Dalam riwayatnya banyak disebut kota Pakuan. Dia adalah seorang Resi Hindu-Sunda. Beberapa kali dia mengadakan perjalanan jauh menjelajah pulau Jawa. Segala pengalamannya dia tulis pada Lontar, terkenal sebagai Octo-Syllabic (Berwujud butir-butir pokok sebanyak delapan (oktaf) jilid, atau sepuluh jilid.

Dilansir dari fin.unisa.ac.id Menurut catatan Noorduyn (1968, 429) dan Ricklefs/Voorhoeve, 1977, 181)  ( Naskah ini disimpan di Bodleian Library, Oxford Unversity  sejak tahun 1627 berasal dari seorang pedagang dari Newport bernama Andrew James.

Menurut penjelasan Atep Kurnia, peneliti literasi Pusat Studi Sunda,  yang membawa naskah tersebut ke Inggris sebenarnya adalah Richard James pada akhir abad 16. Kemungkinan Richard menerima naskah saat dia mengikuti ekspedisi pelayaran Inggris ke Nusantara.

Pada ekspedisi ke tiga yang dipimpin Sir James Lancaster, tahun 1601 sempat mendarat di Banten. Pada saat inilah diperkirakan Richard menerima naskah Bujangga Manik. Oleh Richard, naskah ini kemudian diserahkan kakaknya yang bernama Andrew Jones untuk diserahkan di perpustakaan Bodleian.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Sang

    Sep 20, 2022 00:29

    Τhis is a toрic which is near to my heart... Cheers! Exaсtly wheгe are your contact details though?

  • John Doe

    Terri

    Sep 28, 2022 01:28

    Hi theгe! Someone in my Facеbook group shareԁ tһis webѕite with us so Ӏ came to take a look. I'm definitely enjoying the information. I'm booк-marking and will be tweetіng this to my followers! Wondeгful blog and eⲭcellent design.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828