Objek Wisata Tahura Gunung Kunci, Banyak Sekali Cerita

Sumedang terkenal akan keindahan obyek wisatanya, salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Taman Hutan Raya (Tahura) Gunung Kunci. Tahura Gunung Kunci, atau dikenal juga dengan sebutan Gunung Panjunan. Tahura Gunung Kunci merupakan salah satu objek wisata yang ada di pusat Sumedang.

Tahura Gunung Kunci, adalah salah satu tempat wisata yang berada di Kelurahan Kotakulon, Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang. Tahura Gunung Kunci salah satu tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa atau hari liburan. 

Tempat tersebut sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Tahura Gunung Kunci memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika yang berada di Sumedang tidak mengunjungi wisata gunung yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Letaknya yang strategis tersebut, berada di perlintasan jalan raya Bandung – Cirebon. Walaupun dinamakan gunung, sebenarnya lebih menyerupai bukit karena konturnya yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu luas. Posisinya berada di sebelah utara Alun-alun Sumedang dengan jarak sekitar 200 meter. Kawasan Gunung Kunci seluas 3,67 hektar.

Salah satu yang menjadi daya tarik Gunung Kunci, adanya benteng peninggalan Belanda. Benteng yang berada di puncak bukit dengan ketinggian 500 m dari permukaan laut, terdiri dari beberapa kelompok bangunan yang berada di dalam tembok berbentuk oval. 

Terdapat bagian oval menjorok ke luar pada sisi utara dan selatan tembok benteng, dahulu diduga merupakan tempat meriam dengan kaliber yang cukup besar. Jenis bentengnya adalah benteng pertahanan yang terdiri atas tiga lantai.  Kita akan bahas benteng secara terpisah nanti yah. Hehe.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave
  • John Doe

    Shauna

    Dec 29, 2023 07:30

    This exсellent website really has all the informatіon and facts I needed concerning thіs subject and didn't know wh᧐ to ask.

  • John Doe

    Christiane

    Jan 03, 2024 11:11

    Нi everybody, here every person is sharing such knowledge, thսs it's pleasant to read this webpage, and I used to viѕit tһis website every day.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828