Peluncuran Aplikasi Online Retribution System Guna Permudah Pembayaran Retribusi

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) meluncurkan Aplikasi Online Retribution System (ORS) sebagai aksi perubahan. ORS tersebut merupakan sebuah sistem online terpadu untuk pembayaran, pencatatan, dan pelaporan retribusi daerah.

Bupati Dony Ahmad Munir mengapresiasi aksi perubahan yang dilakukan oleh Bapenda, saat menghadiri Rapat Koordinasi Pembahasan Raperda Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor pada hari Senin, 3 Juli 2023.

Kepala Bapenda Rohana menerangkan, tujuan dilaksanakan Rakor ialah dalam rangka mengkaji serta menyamakan pemahaman SKPD dalam penyusunan penyesuaian Peraturan Daerah terhadap Undang-undang Nomor 1Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. 

"Saya berharap peserta dalam rapat ini dapat memberikan kontribusi positif serta masukan dalam mengkaji rancangan Peraturan Daerah tentang PDRD yang saat ini memasuki pembahasan dengan Pansus DPRD Kabupaten Sumedang," katanya.

Nah, kehadiran aplikasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan retribusi daerah secara transparan dan akuntabel dalam rangka optimalisasi Peningkatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sumedang. 

"Jika retribusi dan Pendapatan Asli Daerah meningkat, maka pemerintah akan dengan cepat melaksanakan pembangunan yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat," ujar Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir.

Menurutnya, aplikasi ORS harus user friendly ,artinya rakyat tahu dan paham serta bisa menjalankannya, yang terpenting adalah jika beraplikasi, maka harus bisa diaplikasikan dan dipraktikkan oleh masyarakat.

Dikatakan lagi menurut Bupati Sumedang, saat ini terdapat Undang-undang baru tentang hubungan keuangan pusat dan daerah sehingga daerah harus dapat menyesuaikan ketentuan tentang pajak dan retribusi di daerah.

"Karena sekarang ini ada Undang-undang baru tentang hubungan keuangan pusat dan daerah. Kemudian ada PP-nya juga. Ini berarti daerah harus menyesuaikan ketentuan tentang pajak retribusi daerah ini," ujarnya.

Bupati juga meminta ada inovasi dan terobosan yang bisa mengefektifkan penggalian potensi pajak yang ada di Kabupaten Sumedang. "Di samping itu, saya meminta setiap penyesuaian terhadap peraturan di atasnya betul-betul ada inovasi dan terobosan yang bisa mengefektifkan tentang penggalian potensi pajak yang ada," ujarnya.

Dari Sumedang, makin tahu Indonesia

Komentar

wave
  • John Doe

    Gwen

    Mar 07, 2024 11:30

    Aw, this was a very good post. Finding the time and actual effort to generate a really good article… but what can I say… I hesitate a whole lot and never seem to get nearly anything done.

  • John Doe

    Paige

    Mar 15, 2024 00:41

    І am іn fact gratefuⅼ to the holder of this websіte who has shareԀ thіs impressive piece of writing at at this time.

  • John Doe

    Danielle

    Mar 16, 2024 08:14

    Unqᥙestionably beⅼieve that which you stated. Your favorite reason appeared to be on the web the simplest thing tο be aware of. I sаy to you, I definitely get annoyed while people consider worries that they just do not know about. Υou managed to hit

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828