Pembangunan Jalan Lingkar Utara Jatigede Begini Kata Bupati Sumedang

Pembangunan Jalan Lingkar Utara Bendungan Jatigede tersambung dengan Jalan Sumedang-Wado di Pasiringkik pada tahun 2023 ini. Pemerintah pusat sudah menganggarkan Rp.56,4 miliar untuk pembangunan jalan lingkar Utara Jatigede mulai dari Blok Karamat-Gunung Julang sampai dengan Jalan Sumedang-Wado. 

Menurut Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, "tahun ini Kementerian PUPR sudah mengalokasikan anggaran Rp 56,4 miliar untuk menuntaskan jalan lingkar utara Jatigede. Insyaalloh pembangunan fisik dimulai April tahun ini" katanya.

Untuk mewujudkan jalan lingkar utara Jatigede menjadi sebuah perjalanan panjang setelah ia dilantik menjadi Bupati Sumedang pada Septermber 2018. "Sebuah perjuangan yang panjang. Akhir Tahun 2018, saat Sekjen Kementerian PUPR saat itu Ibu Anita Firmanti ke Bendungan Jatigede untuk penanaman pohon, kami langsung mengajukan pembangunan Jalan Lingkar Utara," ujar Bupati Dony, Kamis (12/1/2023).

Saat bertemu Sekjen PUPR, Bupati menyampaikan posisi Sumedang meskipun Bendungan Jatigede lokasinya berada di Sumedang, tetapi manfaat yang paling besar untuk luar Sumedang. "Untuk pembangunan tersebut, warga Sumedang harus berkorban pangabetahnya, pindah kehilangan pekerjaan, sawah dan lainnya," katanya.

Sebab itu, Sumedang juga harus mendapatkan manfaat dan sejahtera dari proyek strategis nasional. "Gayung bersambut, Tahun 2019, Pemkab Sumedang menyiapkan proposal dan pembangunan dimulai Tahun 2020 dengan alokasi anggaran Rp. 38 miliar oleh Kementrian PUPR. Namun karena Pandemi Covid-19, alokasinya terpangkas untuk penanganan Covid menjadi Rp 27 miliar," tuturnya.

Ia menambahkan, pembangunan fisik jalan dengan titik 0 Kilometer di Kampung Eretan, Desa Kadujaya, Kecamatan Jatigede menuju Blok Ramping Desa Pajagan, Kecamatan Cisitu sepanjang 3,8 Kilometer dimulai Mei 2020. "Alhamdulillah saat pandemi Covid waktu itu masih bisa membangun infrastruktur," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828