Pendamping Delegasi Benchmarking di Finlandia, Ternyata Asal Rancakalong

Dalam postingannya Bupati Sumedang di akun instagramnya @donyahmad.munir beliau tampak sedang mengobrol dengan seseorang. Dalam captionnya beliau menulis; Pendamping delegasi Benchmarking Digital Services Sumedang di Finlandia, Kang Ahmad Oki Mualim, mahasiswa S2 yang sedang studi di Novia Autonomus Maritime Operation Turku Finlandia. Kang Oki ini orang Desa Pamakeran, Rancakalong lulusan ITB Teknik Kelautan 2003. 

Selain sedang S2, Kang Oki pengusaha starup IOVuo Oy di Helsinki Finlandia. Startup di bidang teknologi untuk satelit navigasi dan akurasi posisi. Kang Oki ini memiliki usaha yang sama di Indonesia mengerjakan proyek-proyek Pertamina untuk kapal tanker minyak dan gas. Sejak setahun lalu, ia mendapat tawaran dari Finlandia untuk membangun starup dengan target market global.

Kang Oki juga sedang riset teknologi akurasi presisi dan jaringan data jarak jauh yang akan dipatenkan di Eropa. Untuk uji coba teknologinya akan dilakukan di  Sumedang, memantau pergerakan tanah sebagai usaha preventif terjadinya bencana longsor. Pendanaannya didukung oleh Finlandia. Sumedang yang banyak kawasan rawan pergerakan tanah sangat membutuhkan teknologi sistem peringatan dini ini.Kita bangga ada startup milik diaspora Sumedang merambah pasar global. 

Semoga bisa menginpirasi orang Sumedang lainnya untuk berkiprah dalam bisnis digital, bukan hanya di level lokal dan nasional, tapi juga global. Ini bukti SDM kita tidak kalah bersaing di pentas global. Sebagai kolaborator, pemda akan memberikan fasilitasi dan menyiapkan iklim kondusif bagi bertumbuhnya usaha startup.

Sumber: Instagram @donyahmadmunir

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828