Pertunjukan Miss Tjitjih Digelar Kembali di Sumedang

Sandiwara Sunda Miss Tjitjih kembali dipertontonkan kepada masyarakat Sumedang pada hari Sabtu, 28 Oktober 2023 dengan judul "Acih Mati Beranak di Manggadua" Sandiwara Sunda Miss Tjitjih pertama kali puncul pada tahun 1930-an.

Miss Tjitjih sendiri merupakan nama seorang aktris Sandiwara Sunda multitalenta pada tahun 1930-an yang merupakan warga asli Sumedang. Sejak dari awal kemunculan Sandiwara Sunda Miss Tjitjih mereka berkeliling untuk melakukan pertunjukan terutama kota di wilayah Jawa Barat, termasuk Jakarta, dan juga Jawa Tengah. 

Hingga akhirnya pada tahun 1940-an kelompok Sandiwara Sunda Miss Tjitjih memasuki masa jayanya dimana mereka memiliki gedung pertunjukan.  saat ini kelompok Sandiwara Sunda Miss Tjitjih terus dilestarikan oleh pemerintahan provinsi DKI Jakarta. 

Sandiwara Miss Tjitjih yang digelar saat ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Sumedang dengan Pemerintah Provinsi DKI. Hal tersebut diucapkan oleh PJ Bupati Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman.

"Ini merupakakan cara kita mengapresiasi tokoh asal Sumedang yang bernama Miss Tjitjih, beliau merupakan Sri panggung dalam pertunjukan sandiwara sunda yang terbentuk sekitar tahun 1930an," Jelas Herman.

Meski beliau telah tiada Pemerintah Provinsi DKI tetap melestarikan Sandiwara Sunda Miss Tjitjih, bahkan hingga dibangun gedung untuk Kelompok Sandiwara Sunda Miss Tjitjih.

Halaman Selanjutnya

Komentar

wave

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar

wave

Cari Artikel

<<<<<<< HEAD ======= >>>>>>> 22907a91d5212753ed2de3bbf69bb3b53a692828